27 C
Surabaya

Jaga Kerukunan Umat Beragama Sambut Natal dan Tahun Baru Dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia

JURNALBERITA.ID – SURABAYA, Kerukunan hidup bermasyarakat merupakan modal utama dalam menjaga keutuhan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Menyadari betapa pentingnya arti kerukunan, Sinar Mas Traktor (SMT) bersama Yayasan Masjid Mujahidin Indonesia dan tokoh Agama lainnya mempelopori pengajian bersama.

Pesertanya, selain dari Jama’ah Masjid Mujahidin juga tampak hadir warga sekitar Perak Utara, Kecamatan Pabean Cantian, Kota Surabaya, Jawa
Timur, Selasa (30/11/2021).

Pengajian dalam rangka menjaga kerukunan umat beragama menjelang natal dan tahun baru itu menghadirkan Ustadz KH. Muhammad Sholeh Drehem, Lc, M.Ag selaku Ketua IKADI (Ikatan Da’i Indonesia) Jawa Timur, sebagai penceramahnya.

Pengajian yang dimulai sekitar pukul 18.00 – 19.00 WIB di Mesjid Mujahidin itu diikuti dengan antusias para jama’ah yang hadir. Dalam acara tersebut bertindak sebagai penceramah KH. Muhammad Sholeh Drehem, Lc, M.Ag yang juga Ketua IKADI Jatim.

Di kesempatan itu, penceramah menyampaikan tentang pentingnya toleransi internal maupun antar umat beragama agar sama-sama menjaga kerukunan umat beragama dalam bingkai kesatuan dan persatuan NKRI.

“Modal utama bangsa dan negara ini menjadi maju dan kuat adalah bersatunya seluruh masyarakat Indonesia. Kita sedang menyaksikan sekarang ini dimana ada bangsa yang kuat, negara ini dapat hancur karena masyarakatnya saling berperang satu dengan yang lainnya.
Oleh karenanya kerukunan antar umat beragama itu merupakan hal yang utama, harus kita jaga terus menerus” ujar KH M Sholeh Drehem.

Lebih lanjut ustad Sholeh Drehem, mengingatkan bahwa ada pihak-pihak yang tidak suka bangsa ini hidup rukun.

“Sehingga sering kali kita diganggu dengan kejadian-kejadian yang dapat memperkeruh kerukunan hidup antar umat
beragama,” tegasnya.

Menghadapi hal tersebut beliau mengajak semua elemen masyarakat untuk merawat kerukunan, dengan berdakwah yang santun, dakwah yang merangkul bukan yang memukul.
Kegiatan yang dipadati puluhan jamaah tersebut dilaksanakan setelah sholat Magrib berjama’ah.

Pada pengajian tersebut perwakilan dari Sinar Mas Traktor
(SMT) juga menyerahkan santunan untuk anak-anak yatim piatu dari Yayasan Masjid
Mujahidin Surabaya.

Di akhir acara para penyelenggara beserta Muspika Kecamatan Pabean Cantian dan anak yatim piatu Yayasan Masjid Mujadin Surabaya melaksanakan foto bersama dengan tokoh agama serta jama’ah yang hadir. (*ROY/JB01)

Related Post

Dugaan Imbas Promosi Berbau Sara & Langgar Perda Surabaya Nomor 2 Tahun 2014, Outlet Holywings Di Surabaya Ditutup

JURNALBERITA.ID - SURABAYA, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Surabaya melakukan penyegelan sekaligus penghentian operasional sementara outlet Holywings di Surabaya. Tindakan penutupan ini...

Latest Post