Mengenal Lebih Dekat Anugrah Ariyadi, SH

Anugrah Ariyadi, SH Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya

Siang hari cuaca Surabaya begitu panas, terik matahari terasa membakar kulit. Suhu udara saat itu mencapai 38°C, panas yang begitu menyengat itu membuat tubuh terasa dahaga (dehidrasi). Panas-panas enaknya memang ngadem (dingin) sambil nyeruput segelas es dawet atau es teh manis.

Tidak sengaja saat mau beli es teh di sebuah cafe di kawasan tengah kota, ada seseorang yang sangat saya kenal. Dia duduk sendirian sambil memainkan handphone di tangannya. Saat itu juga saya berusaha menyapanya.

“Pak Anugrah, piye kabare (gimana kabarnya, logat Suroboyoan) ? Apik toh. Lagi ijenan ta (sendirian),” sapa saya pada Anugrah Ariyadi.

“He mas baik, ambek sopo (sama siapa). Ayo longgu bareng nang kene (duduk bersama disini),” ucap Anugrah menawari duduk semeja.

Sambil menungu pramusaji cafe itu, ada sedikit obrolan ringan mengawali pertemuan saya dengan beliau. “Keluarga sehat semua, anak istri pada sehat,” ucap beliau memulai obrolan.

“Alhamdulillah sehat semua pak, berkat doa jenengan,” kata saya menjawab sapaan beliau.

Dalam hati saya menilai bahwa orang ini begitu care terhadap keadaan keluarga saya. Sungguh sangat baik hatinya, gerutu saya dalam hati. Kemudian beliau menyambung pembicaraan, sambil menunggu pesenan yang sudah kami pesan Anugrah mulai berbagi cerita. Dari kehidupan beliau masa kecil (Biografi beliau) hingga perjalanan panjang kariernya.

Saya begitu serius mendengarkan cerita pak Anugrah, seorang politisi yang duduk sebagai anggota legislatif DPRD Surabaya, yang selalu memikirkan dan membantu serta mengerti kesulitan orang lain. Untuk itu sebagai seorang sahabat saya mulai menuliskan tentang beliau “Mengenal Lebih Dekat Anugrah Ariyadi”

Anugrah Ariyadi, SH yang sekarang sebagai anggota legislatif DPRD kota Surabaya periode 2014 – 2019 yang tercatat sebagai wakil ketua Komisi B.

Anugrah adalah putra Surabaya asli, lahir 51 tahun yang lalu (Sabtu-Wage, 9 September 1967) dari pasangan Tutik Anawati dan Agus Suparto.

Anugrah kecil tidak mendapatkan dekapan hangat ibundanya sampai beliau dewasa. Saat baru berumur 9 bulan bunda Tutik begitu cepat menghadap sang kholiq. Anugrah pun menjadi Piatu, beliau belum mendapatkan kasih sayang begitu dalam dari ibundanya. Akhirnya Anugrah kecil dibesarkan oleh eyang putrinya ( ibu Kaptiyah), seorang pejuang kemerdekaan yang mempunyai Bapak bernama Wiryo Soepatmo, waktu itu sebagai Lurah Pacar Keling (zaman Belanda).

Anugrah tumbuh menjadi anak yang hidup di Kampung Karang Menjangan, Surabaya. Menginjak usianya 12 tahun,  Bapak kandungnya (Agus Suparto) juga begitu cepat dipanggil sang kuasa. Anugrah pun menjadi Yatim Piatu di usia yang sangat kecil yakni 12 tahun. Beliau akhirnya di asuh eyangnya.

Bersama eyangnya itu, Anugrah harus menempuh pendidikan. Anugrah pun masuk sekolah di SMP YBPK II jalan Luntas. Setelah menyelesaikan dibangku SMP, beliau melanjutkan ke SMA TRIMURTI, kemudian melanjutkan kejenjang pendidikan kebangku kuliah di Fakultas Hukum Unair Surabaya, lulus tahun 1992.

Di tahun 1993 Anugrah mulai mengenal dunia kerja. Beliau mulai meniti karier sebagai Advokat Profesional.

Setelah berkarier didunia Advokasi akhirnya Anugrah mulai melirik dunia politi. Sejak tahun 2005, Anugrah pun bergabung bersama PDI Perjuangan Kota Surabaya sebagai Ketua Badan Bantuan Hukum.

Karier politiknya juga tidak mengalami ganguan dan lempeng-lempeng saja. Kemudian Anugrah dipercaya karena dedikasi dan semangatnya membesarkan partai pilihanya itu, partai menunjuk Anugrah sebagai Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan periode Tahun 2010 – 2020.

Dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2009 terdaftar sebagai caleg PDI Perjuangan legislatif DPRD kota Surabaya, namun upayanya waktu itu mengalami kegagalan.

Tidak patah arang, Anugrah harus mengevaluasi kegagalannya menjadi anggota legislatif. Dari kegagalan itu, Anugrah bangkit, terus maju kembali dalam kontestasi Pileg 2014. Atas perjuangan dan membenahi kegagalan sebelumnya, takdir Illahi perpihak kepadanya, Anugrah pun tercatat sebagai anggota DPRD Kota Surabaya,  dilantik dan disumpah sebagai wakil rakyat daerah kota Surabaya periode tahun 2014 – 2019.

Awal masa tugasnya Anugrah terpilih sebagai Wakil Ketua Komisi A, 4 bulan kemudian beliau ditugaskan di Komisi D. Sejak November 2017 sampai nanti akhir masa jabatan 24 Agustus 2019 yang bertugas sebagai Wakil Ketua Komisi B di DPRD Kota Surabaya dari Fraksi PDI Perjuangan.

(By : Hasan N Rahmad)

Share this post

No comments

Add yours