24 C
Surabaya

DPC Partai Demokrat Surabaya Kirim Bantuan Kedua Untuk Korban Erupsi Semeru

JURNALBERITA.ID  –  LUMAJANG, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) paratai Demokrat Kota Surabaya mengirimkan bantuan untuk korban erupsi gunung Semeru, Lumajang Jawa- Timur. Bantuan disalurkan oleh relawan biru langsung menuju ke masyarakat korban erupsi dibeberapa ttik penampungan di desa Candipuro, Kecamatan Candipuro – Lumajang, Minggu (05/12/2021).

Bantuan yang disalurkan ini hasil dari donasi para kader Demokrat Surabaya mulai dari ranting, PAC serta pengurus DPC Demokrat Surabaya yang dikoordinasi oleh Badan Komunikasi Strategi (Bakomstra) DPC Demokrat Surabaya.

DPC Partai Demokrat Surabaya Kirim Bantuan Kedua Untuk Korban Erupsi Semeru

Tim relawan biru yang terdiri dari enam personel dilepas langsung oleh Kepala Bakomstra DPC Demokrat Surabaya Indra Wahyudi didampingi Kepala Direktur Eksekutif M.Safwan di depan kontor DPC partai Demokrat Surabaya jalan Tenggilis Utara, Surabaya.

Kepala Bakomstra DPC Demokrat Surabaya, Indra Wahyudi mengatakan, adanya bencana erupsi gunung Semeru ini para kader Demokrat Surabaya terpanggil untuk melaksanakan misi kemanusian ‘Peduli & Berbagi’ untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena bencana erupsi gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

“Misi kemanusian Peduli & Berbagi adalah panggilan hati dari para kader Demokrat Surabaya yang bergotong royong untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah erupsi gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (04/12/2021) pada pukul 15.00 wib beberapa hari yang lalu,” papar Indra, Selasa (07/12/2021) usai menerima kedatangan tim Biru yang diutus menyalurkan bantuan ke wilayah erupsi Semeru.

Indra menambahkan, bahwa bantuan dikumpulkan dari kader Demokrat Surabaya mulai dari ranting, PAC hingga pengurus harian DPC Demokrat Surabaya.

“Bantuan dikumpulkan dari donasi kader Demokrat Surabaya, Alhamdulillah kita telah menyalurkan dua kali bantuan yang telah terkirim kewilayah erupsi. Bantuan yang kedua kami mengutus delegasi relawan sebanyak 6 orang untuk mengawal bantuan agar tepat sasaran,” terangnya.

DPC Partai Demokrat Surabaya Kirim Bantuan Kedua Untuk Korban Erupsi Semeru

Sedang bantuan yang ketiga akan segera dikirimkan, karena gerakan Peduli & Berbagi ini juga mendapatkan respon yang positif serta support dari Ketua DPC Partai Demokrat kota Surabaya, ibu Lucy Kurniasari, ujar Indra.

Sementara, Sekretaris Bakomstra DPC Demokrat Surabaya, Purnomo menyampaikan terima kasih kepada semua donator yang telah rela berbagi untuk membantu korban erupsi gunung Semeru. “Kami selaku relawan Biru dengan selamat telah menyelesaikan misi kemanusian untuk mendistribusikan secara langsung ketitik-titik penampungan warga korban erupsi di desa Candipuro, Lumajang,” terang Purnomo.

Semua bantuan dari DPC Demokrat Surabaya telah disalurkan kekorban erupsi dan tim Biru juga telah melakukan koordinasi dengan DPC Demokrat kabupaten Lumajang.

BANYAK ANAK-ANAK KORBAN ERUPSI SEMERU YANG TRAUMA DAN JENUH

Kesempatan lain anggota Bakomstra DPC Demokrat Surabaya, Hasan N. Rahmad yang tergabung dalam tim Biru menjelaskan, ada tiga dusun yang terdampak langsung erupsi gunung Semeru, yakni Dusun Kajar Kuning yang dihuni 1000 penduduk atau sekitar 800 KK, Dusun Kebun Deli Utara atau yang dikenal dengan Dusun Kampung Renteng yang berpenduduk 700 KK dan Dusun Kamar Kaca, 50 jiwa dari Dusun ini sampai saat ini hilang keberadaannya .

“Di Dusun Kamar Kaca ini 50 jiwa dinyakan hilang, dan sampai evakuasi pada hari Senin (06/12/2021) belum diketumkan. Tim evakuasi kesulitan karena dampak lumpur erupsi yang menimbun rumah dan pekarangan mereka,” terang Hasan.

Bantuan yang sangat urgensi, sambung dia, bagi korban erupsi yaitu bubur bayi (0-6 bulan), pempers, baju anak-anak, obat-obatan seperti obat diare, obat gatal, minyak telon, minyak kayu putih, softek, makanan balita serta mainan untuk anak-anak korban erupsi.

“Iya setelah kita melakukan maping dilapangan dan berinteraksi langsung dengan korban erupsi, ketersedian angan sudah tercukupi. Yang mereka butuhkan adalah makan balita, pempers, obat-obatan serta mainan untuk anak-anak untuk mengatasi trauma anak dan kejenuhan,” urainya.

DPC Partai Demokrat Surabaya Kirim Bantuan Kedua Untuk Korban Erupsi Semeru

Dia menambahkan, setelah pihaknya berkoordinasi dengan DPC Demokrat Lumajang dan pihak Kecamatan serta Kelurahan setempat bantuan langsung disalurkan pada para korban Erupsi Semeru.

“Kita terus mengawal bantuan kemanusian dari DPC Demokrat Surabaya langsung pada korban, sehngga bantuan ini benar-benar tepat sasaran,” ucap Hasan.

Yang paling penting adalah, lanjut pria yang berprofesi sebagai jurnalis ini, bagaimana dengan cepat mengatasi masalah trauma anak-anak korban erupsi. Menurutnya, kejenuhan dan trauma banyak sekali dialami oleh anak-anak meraka korban erupsi.

“Saya melihat banyak anak-anak yang trauma dengan musibah erupsi ini, mereka sulit tidur dan sering nangis. Hal ini lantaran trauma dan rasa jenuh si anak berada di camp penamungan,” jalasnya.

Untuk itu, dia menyarakan, bantua yang terus mengalir dari para donatu kader Demokrat Surabaya lebih difokuskan untuk mengadaan obat-obatan, pempers, bubur bayi, susu balita, mainan anak, selimut, pakaian anak untuk balita, softek, minyak kayu putih dan minyak telon.

“Itu yang paling dibutuhkan para korban erupsi di camp penampungan korban erupsi gunung Semeru saat ini,” tukasnya. (HNR/JB01)

Related Post

Gus Muhaimin Serukan Tolak Kekerasan Pada Perempuan dan Anak

JURNALBERITA.ID,SURABAYA-Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar menggelar aksi serta petisi perlindungan perempuan dan anak Jawa Timur, Minggu 22 Januari 2023 pagi. Gelar aksi...

Latest Post