Abdul Hakim Disambut Antusias Peserta Bedah Buku “Bingkai Anak Negeri”

Abdul Hakim berselfie ria bersama peserta bedah buku usai diskusi bedah buku”Bingkai Anak Negari” (JB01)

JURNALBERITA.ID – SURABAYA, Wartawan Kantor Berita Antara, Abdul Hakim membedah buku “Bingkai Anak Negeri” yang diikuti puluhan siswa-siswi SMA/SMK dari Gorontalo yang tergabung dalam Siswa Mengenal Nusantara (SMN) program BUMN Hadir Untuk Negeri 2019 di Perpusda Jatim Jalan Jl. Menur Pumpungan No.32, Kota Surabaya, Jumat.

Menurut Hakim, para peserta SMN 2019 cukup antusias mengikuti acara bedah buku dengan dibuktikan banyak di antara mereka yang aktif bertanya soal teknis menulis yang baik.

“Saya senang mereka bisa cepat belajar menulis catatan harian. ,” kata Hakim yang juga penulis buku Dwilogi Tri Rismaharini ini.

Hakim mengatakan para peserta SMN 2019 ini punya tugas membuat tulisan atau catatan harian yang nantinya akan dikumpulkan menjadi buku “Bingkai Anak Negeri” 2019.

“Banyak pengalaman yang saya dapat di SMN. Tapi saya belum tahu bagaimana pengalaman itu bisa ditulis secara runut?” kata salah seorang peserta SMN dari Gorontalo, Alya Gobel yang ditujukan kepada narasumber bedah buku.

Diketahui buku berjudul “Bingkai Anak Negeri” merupakan catatan sebagian perjalanan dan pengalaman peserta SMN Tahun 2018. Dalam buku tersebut dituliskan pengalaman serta kesan dan pesan 853 peserta SMN 2018 dari 34 provinsi se-Indonesia.

Menurut Alya, ia berharap catatan pengalaman dalam SMN 2019 ini bisa dituangkan dalam buku “Bingkai Anak Negeri” 2019. Untuk itu, ia akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa menulis kisahnya dengan baik dan penuh kesan.

Alya mengaku bangga bisa menjadi peserta SMN 2019 ini. Hal ini dikarenakan para peserta SMN akan mendapatkan banyak pengalaman yang berharga yang bisa diambil dari setiap kegiatan yang sudah dijadwalkan pihak panitia.

Hal sama juga dikatakan peserta lainnya, Putri Diva. Ia berharap dengan mengikuti acara bedah buku ini bisa memotivasinya untuk bisa belajar menulis dengan baik. Apalagi di acara tersebut diajari kiat-kiat menulis bukua harian atau diary.

“Saya berharap catataan saya selama SMN bisa masuk di buku Bingkai Anak Negeri 2019,” katanya.

Adapun narasumber yang dihadirkan dalam bedah buku tersebut salah seorang wartawan dari Kantor Berita Antara Biro Jawa Timur, Abdul Hakim. Menurut Hakim, para peserta SMN 2019 cukup antusias mengikuti acara bedah buku.

“Banyak di antara mereka bertanya soal teknis menulis yang baik,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Perpustakaan Jawa Timur, Mei Endah mengucapkan selamat datang kepada para peserta SMN 2019 dari Gotontalo. Ia menjelaskan bahwa instansinya membawahi dua bidang yakni perpustakaan dan kearsipan.

“Nanti anak-anak akan dijelaskan seputar perpustakaan di sini. Juga dijelaskan kondisinya Jatim seperti apa, budayanya seperti apa,” katanya. (JB01)

Share this post

No comments

Add yours