29 C
Surabaya

Ketua Komisi C, Baktiono: Dispenduk Perlu Siapkan Tim Pendataan Di Rusun Tambak Wedi

JURNALBERIRA.ID – SURABAYA, Upaya memudahkan dalam mengurus administrasi kependudukan bagi warga Rusun Tambak Wedi, Komisi C DPRD Kota Surabaya telah memerintahkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk membantu mereka dalam waktu dekat ini.

“Makanya kami tugaskan tanggal 15 Desember dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil akan turun di Rusun Tambak Wedi untuk membantu sistem kependudukan warga disana,” ungkap Baktiono, Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya, Kamis (09/12/2021)

Baktiono menjelaskan, sistem kependudukan itu nantinya warga bisa diberi alamat pindah langsung, prosesnya pun akan dilakasanakan pula disana oleh pihak terkait.

“Jadi sistem kependudukan itu bisa diberi alamat pindah langsung, diproses disitu kalau warga yang tidak punya akte kelahiran keluarganya, bisa diproses disitu, diberikan langsung disitu,” tegas Baktiono.

Surabaya yang saat ini mempunyai aplikasi untuk mengurus kependudukan mulai akte kelahiran dan lainnya, dinilai lebih maju dari daerah lainnya. Karena aplikasi tersebut dapat melakukan pendataan apapun.

“Baik kependudukan, melalui surat pindah, masuk akte kelahiran, perizinan dan lainnya juga melalui aplikasi secara online sistem,” papar dia.

Kendati begitu, Politisi PDI Perjuangan ini menggaris bawahi tidak semua warga itu paham dan mengerti. Faktanya, tiap hari terdapat laporan yang dikeluhkan oleh warga.

“Maka Pemkot Surabaya harus juga berani membuka diri dan tidak memaksakan mereka. Utamanya bagi warga yang tidak mampu (gaptek),” tegasnya.

Bagi mereka yang sudah datang ke kelurahan, kecamatan dinas penduduk, diimbau warga jangan dipaksa untuk mengonline kan sendiri.

Tapi pintah Baktiono mereka dibantu dionlinekan petugas yang sudah ditugaskan. Baik di kelurahan dengan anak anak muda yang ahli IT, di Kecamatan maupun dinas penduduk.

“Jadi dibuka dengan dua cara donk.” pintah dia. (ROY/JB01)

Related Post

Bersama 150 Anak Yatim Piatu, PDAM Surya Sembada Surabaya Gelar Acara Buka Puasa Bersama

JURNALBERITA.ID - SURABAYA, Dipenghujung puasa ramdhan 1445 H/2024, PD Air Minum Surya Sembada Kota Surabaya menggelar acara buka puasa bersama 150 anak yatim piatu...

Latest Post