31 C
Surabaya

Hari Pertama Kerja, Wali Kota Surabaya Menggelar Acara Halalbihalal

Hari Pertama Kerja, Wali Kota Surabaya Menggelar Acara Halalbihalal
Tampak Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini didampingi Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana bersalam-salaman dilingkup ASN Pemkot Surabaya (*/JB01)

JURNALBERITA.ID – SURABAYA, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana serta sejumlah anggota DPRD Surabaya mengawali pagi ini atau masuk kerja pertama ini dengan menggelar halal bihalal di halaman Balai Kota Surabaya, Senin (25/6). Mereka menyalami satu persatu Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai Pemerintah Kota Surabaya.

Para pegawai dan ASN yang hadir terlihat menyemut di halaman Balai Kota. Dari saking banyaknya, proses halal bihalal itu memakan waktu sekitar 2 jam. Para ASN dan pegawai Pemkot Surabaya terlihat antusias dan sabar antri untuk bersalaman. Mereka juga memanfaatkan momen itu untuk bertegur sapa dengan para ASN dan karyawan lainnya. “Mohon maaf lahir batin ya,” kata Wali Kota Risma kepada seluruh karyawan dan ASN saat bersalaman.

Wali Kota Risma menjelaskan agenda halal bihalal semacam ini sudah rutin digelar setiap tahunnya oleh Pemkot Surabaya. Momen itu biasanya digunakan untuk bertemu dan bersalam-salaman sembari saling bermaaf-maafan antar ASN dan pegawai pemkot.

“Ini rutin digelar setiap tahunnya. Mungkin tidak semua ASN yang ikut, tapi yang penting saya dan Pak Wisnu serta jajaran DPRD sudah menyiapkan, dan tujuannya memang untuk saling memaafkan,” kata Wali Kota Risma seusai halal bihalal.

Halal bihalal itu dimulai dari Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lalu dilanjutkan dengan pegawai-pegawai yang khusus pelayanan masyarakat. Nampak personil dari Dinas Pemadam Kebakaran berbaris rapi mengikuti rombongan kepala OPD, kemudian personil Linmas, Satpol PP dan disusul oleh pegawai lainnya. Mereka sengaja didahulukan karena akan langsung melayani masyarakat.

Makanya, seusai bersalaman dengan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya serta jajaran Kepala OPD, para pegawai ini langsung menikmati sarapan pagi yang telah disediakan. Kemudian, setelah itu kembali ke kantor mereka masing-masing untuk melayani masyarakat seperti biasanya. Alhasil, pelayanan di Pemkot Surabaya tidak terhambat meski ada acara halal bihalal itu.

Di samping itu, Wali Kota Risma juga memastikan bahwa di hari pertama masuk kerja pascalebaran ini, tidak ada ASN yang masih liburan. Bahkan, ia memastikan bahwa sejak pagi tadi Inspektorat dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya sudah turun ke OPD-OPD dan kecamatan-kecamatan serta ke kelurahan untuk mengecek langsung kehadiran para ASN dan pegawai. “Jadi, kalau pun tidak masuk, harus ada alasan yang jelas, karena nanti aka nada sanksi dan akan diperiksa oleh inspektorat,” kata dia.

Wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya ini juga menjelaskan para ASN dan pegawai itu bisa diketahui bahwa ada yang tidak masuk sekitar nanti sore. Setelah diketahui ada yang tidak masuk, maka akan dievaluasi dulu alasan tidak masuknya. “Yang pasti nanti akan diperiksa oleh inspektorat,” pungkasnya. (*/JB01)

Related Post

Pemkot Surabaya Gelar Rembuk Stunting Tahun 2024 Di Graha Sawunggaling

JURNALBERITA.ID - SURABAYA, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar rembuk stunting tahun 2024 di Graha Sawunggaling Komplek Gedung Pemkot Surabaya, Rabu (6/3/2024). Saat itu, disampaikan...

Latest Post