Made Arya : Wujudkan Singhasari Menjadi Kawasan Ekonomi Khusus

Kapala Disbudparta Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara saat memberikan sambutan (foto : sac)

JURNALBERITA.ID – SURABAYA, Kepala Disnas budaya dan pariwisata (Disbudparta) Kabupaten Malang, akan  wujudkan Singhasari menjadi Kawasan Ekonomi Khusus.

Salah satunya museum, yang merupakan tempat dipamerkannya peninggalan sejarah kerajaan Singhasari. Namanya pun telah mempribumi di Indonesia, dengan seluas tiga ribu meter persegi.

Diresmikannya acara kunjungan Museum Singhasari dan hari jadi Kabupaten Malang tersebut, dihadiri oleh Kepala Disparbud Made Arya Wedhantara, Kabid Kebudayaan Edi Purwanto, dan para dinas pemerintahan daerah sekitar.

Made ketika ditemui awak media seusai acara berlangsung, di Perum Singhasari, Desa Klampok, Kecamatan Singosari, memaparkan atas perkembangan KEK yang selangkah lagi akan disetujui dan segera direalisasikan.

“Kalau lahannya sudah siap, oleh karena itu kami yakin Singosari menjadi KEK segera disetujui, apalagi ini berdasarkan keinginan Menteri Pariwisata Arief Yahya,” tutur Made, Senin (19/11).

Sebelumnya, Disparbud lakukan berbagai sosialisasi kepada tokoh agama dan para masyarakat setempat agar benar-benar siap, yang nantinya itu juga akan kembali kepada mereka sendiri khsusunya warga Singosari.

“Langkah awal, kita tempur warga terutama para pemuda daerah sekitar, karena terwujudnya KEK tidak luput dari kesiapan masyarakatnya, disisi lain nanti akan membuka lowongan pekerjaan didalamnya yang akan membantu menuntaskan pengangguran di wilayah Kabupaten Malang, khususnya Kecamatan Singosari,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Kebudayaan Edi Purwanto, dalam sambutannya, menyampaikan adanya beberapa laporan yang disampaikan Kepala Disparbud itu.

“Terdapat empat poin laporan yang kami sampaikan, dengan maksud diselenggaranya acara ini untuk mengajak para masyarakat agar ikut turut serta melestarikan sejarah dan cagar budaya, melalui Museum Singhasari untuk menggali kekayaan yang memiliki kualitas dan kuantitas,” pungkas Kabid Kebudayaan.

Selain menyiapkan KEK Sighasari, Pemkab Malang juga siap menjadi Badan Otoritas (BO) Bromo-Tengger-Semeru (BTS) untuk menjadikan area wisata di wilayah Kabupaten Malang menjadi salah satu dari 10 destinasi wisata di Tanah Air yang mendunia. (sac/has).

Share this post

No comments

Add yours