Tangkal Kejahatan, Warga Gadang Kota Malang Bergotong Royong Bangun Pos Keamanan

Gelar kegiatan tasyakuran warga RT 07, RW01 kelurahan Gadang Kecamatan Suko (her/JB01)

JURNALBERITA.ID – MALANG, Gotong royong dan saling bersilaturahmi adalah bagian dari nilai yang tidak dapat di tingggalkan dari bumi pertiwi yang kita cintai. Salah satunya kegiatan yang dilakukan warga jalan Gadang gang 5c, RT 07 / RW 01 Kelurahan Gadang, Kecamatan Sukun kota Malang, mereka secara bergotong royong menggelar acara peresmian dan tasyakuran pembangunan pos keamanan kampung diwilayahnya.

Ketua RW 1 Gadang, Riyono mengatakan, malam ini kami mengelar acara tasyakuran peresmian salah satu fasiltas yang dimiliki warga jalan Gadang gang 5c, terutama yang tinggal di RT 07.
Sebenarnya pos keamanan kampung yang saat ini diresmikan bukan fasilitas baru namun fasilitas lama yang dulu pernah dialih fungsikan dan sekarang di kembalikan lagi pada fungsi yang semestinya. Hal ini semata-mata dilakukan lanjut dia, sebagai bentuk kenyamanan dan keamanan buat mereka sendiri. Kenapa hal ini menjadi vital, karena sering kali terjadi tindak pidana kejahatan yang sering terjadi, bebernya.
“Berdasarkan laporan yang masuk, telah terjadi kejahatan diwilayah RW 01 kurang lebih dalam satu bulan ini telah terjadi pencurian dua kendaraan bermotor pada jangka waktu yang hampir bersamaan,” terang Riyono, Sabtu malam (13/4) pada media ini.

Maka dari itu, keamanan secara swakarsa perlu ditingkatkan kembali di wilayah kami, sambungnya.

Senada dengan ketua RW 01, Suyadi ketua RT 07 terpilih menyampaikan, kemarin sebelum kembali menjadi pos keamanan, bagunan ini sempat di tutup dan dijadikan lokasi penyimpanan alat kematian dan karena warga yang merasa kurang nyaman dengan fungsi tersebut, dirinya dan warga akhinya membuat satu tempat yang ada di sebelah masjid RT 07 untuk memindahkan alat kematian tersebut dan kembali merenovasi pos untuk dipergunakan kembali sebagaimana fungsinya yang lama.

Untuk anggaran pemugaran dan perbaikan sendiri awalnya dia talangi terlebih dahulu, namun setelah selesai baru warga kemudian secara sukarela melakukan urunan untuk mengembalikan dana tersebut.

Sementara terkait fungsinya sebagai tempat kumpul warga untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan, dia juga mengatakan, bahwa setelah acara ini dirinya bersama warga akan membuat jadwal jaga kampung di wilayah mereka itu.

Selain warga dan aparat setempat yang hadir tampak pula salah satu anggota DPRD komisi D dari Kecamatan Sukun, Rusman hadi. Dia juga berkesempatan menjelaskan pada warga tentang apa saja yang sudah dilakukan dan juga fungsi serta wewenang dari komisi D DPRD kota Malang.

Sebagai puncak acara dilakukan pemotongan tumpeng yang oleh ketua Rt dan di serahkan kepada tokoh masyarakat serta ketua RW untuk kemudian secara bersama-sama dinikmati dengan warga sekitar yang hadir pada acara malam itu. (her/JB01)

Share this post

No comments

Add yours