JURNALBERITA.ID – SURABAYA, Komisi B DPRD Surabaya mendorong percepatan semua warga Surabaya teraliri air PDAM tahun 2023. Seperti yang sudah dicanangkan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi melalui BUMD milik Pemkot Surabaya tersebut, tak lama setelah pelantikan Dirut PDAM Surya Sembada, Arief Whisnu Cahyono.
Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya Anas Karno mengatakan, dirinya sudah melihat keseriusan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, untuk merealisasikan program itu
“Kita sudah melihat keseriusan PDAM, dengan pengerjaan penggantian jaringan pipa di beberapa titik kampung. Dengan mengganti pipa berukuran 100 milimeter atau 4 inch dengan pipa yang lebih besar. Seperti yang sudah dikerjakan di Kampung Ketandan,” terangnya.
Menurut legislator Fraksi PDIP Surabaya itu, penggantian jaringan pipa ini dilakukan untuk menambah volume air ke rumah warga. Sehingga aliran air menjadi lebih baik dari yang semula kecil.
Anas juga menyambut baik upaya PDAM Surya Sembada, untuk mengurangi jumlah warga yang tidak terlayani air PDAM. Melalui program diskon pemasangan baru PDAM, yang diperpanjang periode tanggal 1 sampai 31 Oktober 2022. Dari yang sudah dilakukan mulai tanggal 1 sampai 30 September 2022. Diskon tersebut mulai Rp 200 ribu sampai Rp 600 ribu menyesuaikan besaran daya listrik tiap hunian.
“Saya berharap warga Surabaya memanfaatkan diskon itu, supaya bisa menikmati layanan air PDAM,” ujarnya.
Anas menegaskan, Komisi B akan terus mengawal progress kerja PDAM Surya Sembada. “Supaya program yang sudah dicanangkan berjalan sesuai rencana dan tuntas sesuai target. Sehingga tidak ada lagi warga Surabaya yang kesulitan air bersih.” imbuhnya.
Anas juga mengapresiasi program pendampingan pendidikan oleh PDAM Surya Sembada di setiap sekolah. “Salah satunya pembagian Tumbler tempat bekal siswa. Hal ini sebagai upaya PDAM untuk turut serta dalam meningkatkan kwalitas pendidikan di Surabaya,” pungkasnya.
Sebelumnya Direktur PDAM Surya Sembada Arief Whisnu Cahyono menyebut, hingga tahun 2023 mendatang seluruh warga Surabaya 100 persen harus terlayani air bersih. Target ini merupakan komitmen PDAM Surya Sembada kota Surabaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik.
“Tagline PDAM Suraya Sembada “2023 Semua Terlayani”, menjadi komitmen memaksimalkan pelayanan ke warga, khususnya ke para pelanggan,” ungkapnya.
Salah satu upaya yang dilakukan adalah menambah jumlah pelanggan baru dan perbaikan jaringan pipa.
“Masyarakat di permudah untuk mendapatkan fasilitas air bersih, dengan melakukan pendaftaran pasang baru. Dan mendapat diskon sesuai daya listrik terpasang,” jelasnya.
Pemberian diskon biaya pasang baru sambungan rumah, berlaku untuk kelompok pelanggan rumah tangga, sosial umum, sosial khusus, Ruko, rumah indekos, dan tempat usaha. (*JB01)