30 C
Surabaya

Kembali Proyek Box Culvert Rusak Jaringan Pipa PDAM

JURNALBERITA.ID — SURABAYA, Pekerjaan proyek Box Cukvert kembali merusak jaringan pipa PDAM Surya Sembada sehingga menyebabkan air pelanggan menjadi keruh dan kecil.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Surabaya Anas Karno melakukan peninjauan terhadap pekerjaan proyek box culvert di  jalan Ambengan Batu. Diketahui pekerjaan proyek ini menyebabkan rusaknya jaringan pipa air PDAM, hal ini berakibat terganggunya asupan aliran air bersih pelanggan PDAM.

“Insiden seperti ini sering terjadi dan kerap terulang. Sehingga membawa dampak merugikan bagi warga. Di Ambengan Batu ini, aliran air PDAM ke rumah warga mengecil,” beber Anas saat melakukan peninjauan pada Senin (26/09/2022).

Politisi PDIP ini mengaku, sudah menghubungi pihak PDAM dan sudah dilakukan perbaikan.

Anas menegaskan, seharusnya kontraktor sebagai pihak ketiga pelaksana proyek pembangunan box culvert, lebih berhati-hati menjalankan tugasnya. Selain itu harus menjalin kerjasama yang baik dengan pihak PDAM. Karena BUMD milik Pemkot Surabaya tersebut, yang mengetahui lokasi jaringan pipa.

“Jangan sampai keinginan untuk menjadikan Surabaya lebih baik dari ancaman banjir, membawa dampak kesulitan air bagi masyarakat. Kontraktor harus disiplin menjalankan Standart Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku,” ujar dia.

Anas menyoroti aturan di Perda yang menyatakan, kerusakan jaringan pipa PDAM, akibat pembangunan infrastuktur menjadi beban pihak PDAM. Komisi B akan membantu kalau dilakukan revisi terhadap Perda tersebut.

“Ini idealnya di revisi, untuk mengikat kontraktor, supaya mereka berhati-hati dan lebih disiplin. Sehingga tidak asal melakukan pengerjaan, melainkan juga ikut bertanggung jawab, akibat kerusakan yang ditimbulkan,” pungkasnya. (*JB01)

Related Post

Singky Soewadji : Sudah Selayaknya ijin PT Bentara Arga Timer (PT BAT) Dicabut

JURNALBERITA.ID - SURABAYA, Kembali seekor gajah meninggal di Bengkulu, di dekat lokasi PT Bentara Agra Timber (BAT) sebelumnya tanggal 19 Desember 2023 anak gajah...

Latest Post