34 C
Surabaya

Sebanyak 355 Kasus Baru HIV/AIDS di Surabaya, Kelompok Rentan Usia Pekerja

JURNALBERITA.ID — SURABAYA, Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Nanik Sukristina menyebut, kasus baru HIV/Aids di Surabaya di tahun 2022, mencapai 355 kasus.

“Kasus menyebar di wilayah Surabaya. Saya tidak bisa menyebutkan secara spesifik wilayah mana saja,” ujarnya, usai Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi D DPRD Surabaya, pada Selasa (13/09/2022).

Lebih lanjut Nanik mengatakan, kelompok usia rentan terkena HIV/Aids, bergeser dari kelompok usia pelajar dan mahasiswa di tahun sebelumnya, beralih kepada kelompok usia pekerja.

“Kalau dibandingkan yang lalu adalah usia kuliah atau pelajar. Sedangkan sekarang data di kami rentang usia 29 tahun sampai 40 tahun. jadi para karyawan,” imbuhnya.

Nanik menambahkan, sebagai langkah pencegahan, pihaknya terus melakukan sosialisasi, yang berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait. “Persoalan kesehatan penyelesaiannya tidak bisa kami sendiri, melainkan dengan menggandeng pihak-pihak terkait,” terangnya.

Sementara itu untuk pengobatan kepada yang sakit, Nanik menjelaskan, pihaknya mendapatkan droping bantuan obat
Antiretroviral (ARV) dari pemerintah pusat.

“Obat ini kita distribusikan ke Puskesmas. Namun tidak semua Puskesmas mendapatkannya. Hanya Puskesmas tertentu yang kita tunjuk untuk terapi pasien HIV/Aids,” imbuhnya.

Disisi lain Nanik juga mengatakan, pihaknya tengah berupaya untuk meningkatkan layanan kesehatan. Tidak hanya meningkatkan pembangunan fisik saja.

“Masukan dari anggota dewan, menjadi bahan review dan evaluasi program kita,” pungkasnya. (*JB01)

Related Post

Inaugurasi Guru Besar Prof Dr Achmad Fathoni Rodli, M.Pd Atas Penganugrahan Gelar Profesor Of Education Management

JURNALBERITA.ID - SIDOARJO, Penobatan guru besar atas gelar Profesor of Education Management yang dipusatkan di gedung serbaguna kampus Universitas Maarif Hasyim Latif (Umaha) Sidoarjo...

Latest Post