30 C
Surabaya

Musda Demokrat Jatim VI Tidak Memilih Ketua, Sosok Ketua Ditentukan DPP

JURNALBERITA.ID – SURABAYA,Musyawarah Daerah (Musda) Partai Demokrat Jawa Timur ke IV akan digelar Kamis 20 Januari 2022 besok di Hotel Sangrilla, Surabaya.

Ketua Steering Comite (SC) Musda Demokrat Jatim, Reno Zulkarnain memastikan acara tesebut akan berjalan mulus karena persiapannya sudah 100 persen. Berbeda dengan musda Demokrat sebelumnya, musda kali ini tidak memilih Ketua DPD Demokrta Jatim.

“Jadi sekali lagi Musda itu bukan untuk memilih ketua terpilih tapi hanya calon ketua terpilih,” kata Reno, Senin (17/1/2022).

Reno menuturkan ada empat hal yang akan dibahas dalam musda tersebut, diantaranya laporan pertanggungjawaban, menyusun program kerja, menetapkan tim formatur dan mengusulkan nama calon ketua DPD Demokrat Jatim yang nantinya diserahkan kepada DPP Demokrat, dan yang memilih adalah DPP dengan melakukan proses Fit and Proper Test.

Untuk calon yang akan diajukan DPD ke DPP, minimah mengantongi 20 persen suara sah DPC Demokrat se Jatim. Reno katakan, total suara yang punya hak di Musda berjumlah 40 suara dengan rinciannya, 38 suara DPC PD Kabupaten/Kota, 1 suara DPD PD Jatim dan 1 suara DPP PD.

“Sesuai ketentuan PO syarat bakal calon ketua DPD minimal mendapat dukungan 20 persen dari total jumlah suara. Kalau di Jatim minimal mendapat dukungan 8 DPC,” jelas pria yang juga anggota Komisi D DPRD Jatim itu.

Ditempat yang sama, Wakil Sekretaris Jendral DPP Demokrat Renanda Bachtiar menjelaskan, sehari sebelum pembukaan Musda, perwakilan DPP akan terlebih dulu melakukan verifikasi berkas dukungan bakal calon, sekaligus memutuskan lolos tidaknya bakal calon menjadi calon ketua dalam Musda.

“Kalau ada dukungan ganda, maka yang disahkan adalah dukungan yang pertama. Kecuali ada pencabutan dukungan yang pertama, maka yang disahkan adalah dukungan yang terakhir,” tegas Renanda.

Menurut Renanda, banyaknya dukungan ketua DPC yang diberikan kepada calon ketua DPD belum menjadi jaminan yang bersangkutan akan ditetapkan tim 3 DPP menjadi ketua DPD terpilih. Alasannya, masih ada beberapa tahapan yang menjadi pertimbangan DPP sebelum memutuskan nama ketua terpilih.

“Musda ini hanya menentukan maksimal 3 nama calon ketua. Tim 3 DPP nanti akan memanggil para calon ketua yang dipilih di Musda itu untuk dilakukan fit and proper test, dilihat Currikulum Vite-nya, lalu rekam jejeknya dan menyampaikan visi misi strategi calon ketua DPD untuk membesarkan Partai Demokrat di Jawa Timur,” beber Renanda.(JB11)

Related Post

Antisipasi Penyebaran PMK Pada Ternak, DPRD Jatim Turun Langsung ke RPH Surabaya

JURNALBERITA.ID-SURABAYA, Anggota Komisi B DPRD Jawa Timur, Aghata Retnosari melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Perusahaan Daerah (PD) Rumah Potong Hewan (RPH), di Pegirian Kota...

Latest Post