27 C
Surabaya

Kusnadi: Indek Yang Mencatat Kebahagiaan Kurang Masuk Diakal

JURNALBERITA.ID – SURABAYA, Munculnya survei indeks kebahagiaan yang menempatkan Provinsi Jawa Timur sebagai provinsi yang paling bahagia di pulau Jawa ternyata dipertanyakan oleh Ketua DPRD Provinsi Jatim, Kusnadi.

Kusnadi menyebut, indeks yang mencatat kebahagian sedikit banyak kurang masuk di akal. Sebab, kebahagiaan merupakan ranah subjektifitas yang sukar diketahui orang lain apalagi di angkakan.

“Bagaimana bisa membuat indikator dengan angka untuk subjectivitas,” terangnya.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim ini menganggap kebahagiaan seseorang tidak ada korelasinya dengan hal yang bersifat materialis dan begitu relatif.

“Bukan berarti orang bahagia itu, makannya cukup, mobilnya banyak, duitnya banyak. Oleh karenanya tidak bisa diangkakan,” papar Kusnadi.

Kendati kurang masuk akal, jika betul adanya kebagiaan masyarakat Jatim teratas ketimbang daerah lain di pulau Jawa, ia merasa bersyukur.

“Ya allahmdulillah, berarti masyarakat Jawa Timur bahagia semua,” katanya.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) 2021, Indeks Kebahagiaan masyarakat Jawa Timur mencapai 72,08 poin. Angka tersebut meningkat 1,31 poin dari nilai tahun 2017 (70,77).

Sebagai perbandingan, indeks kebahagiaan Provinsi Jawa Tengah sebesar 71,73 poin, Provinsi DI Yogyakarta 71,70 poin, Provinsi DKI Jakarta 70,68 poin, Provinsi Jawa Barat 70,23 poin, dan Provinsi Banten 68,08 poin.

“Alhamdulillah, Tingkat kebahagiaan di Jawa Timur tahun 2021 berada di peringkat 19, lebih baik dibandingkan tahun 2017 yang berada di peringkat 23,” ungkap Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. (TOK/JB01)

Related Post

Gubernur Jawa Timur Khofifah Melepas Kepulangan Bayi Annaya dan Innaya Pasca Operasi Kembar Siam

JURNALBERITA.ID - SURABAYA, Balita kembar siam kasus dempet dada perut, Annaya Rizka Ramadhani dan Innaya Rizka Ramadhani (Annaya-Innaya) akhirnya diizinkan pulang ke kampung halaman...

Latest Post