29 C
Surabaya

BI Jatim Lakukan Refleksi Tahun 2021 ‘Optimis Jatim Bangkit’

JURNALBERITA.ID – SURABAYA, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Budi Hanafi bersama Gubernur Khofifah Indar Parwansa telah menyelenggarakan Refleksi Akhir Tahun 2021 dalam kerangka Optimis Jatim Bangkit untuk upaya pengendalian inflasi dan pemulihan ekonomi berkelanjutan menyongsong tahun 2022.

Acara gelar di Ruang Singosari, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Selasa (28/12).

Budi Hanoto memaparkan, ada sejumlah catatan penting dalam pencapaian sepanjang 2021, di antaranya adalah wujud kerja keras dalam menghadapi tantangan di tengah pandemi Covid 19 dan bencana alam.

“(Namun) pada kondisi permintaan yang berangsur membaik seiring dengan vaksinasi, konsistensi penerapan protokol kesehatan serta kolaborasi dan sinergi, mampu meningkatkan confidence masyarakat dalam beraktivitas.” kata Budi melalui keterangannya yang diterima, Rabu (29/12).

Sehingga sambung dia, peningkatan permintaan dan confidence masyarakat tercermin dari pencapaian kinerja inflasi Jawa Timur pada November 2021 sebesar 2,22% (yoy).

“Yang sekaligus sudah berada dalam kisaran sasaran inflasi 3% ± 1% tahun 2021.” tegas dia

Senada dengan itu, Khofifah menambahkan bahwa kondisi pandemi Covid 19 di Jawa Timur terkendali dan melandai.

“Di 38 kabupaten/kota telah memasuki risiko rendah/zona kuning. Untuk itu, diharapkan masyarakat tidak lengah dan senantiasa menjaga protokol kesehatan.” katanya

Khofifah juga menegaskan, capaian target vaksinasi akan terus ditingkatkan di tengah upaya Provinsi Jatim meningkatkan akses transportasi dalam rangka menambah koneksitas.

Sejalan dengan itu lanjut Khofifah, tantangan disparitas harga antar daerah serta pengendalian inflasi akan tetap difokuskan pada 4K.

“Yaitu: Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi dan implementasi Komunikasi yang Efektif. Pada kesempatan yang sama,” beber Khofifah. (ROY/JB0)

Related Post

Anies-Cak Imin disambut 1,2 juta warga di Sidoarjo

JURNALBERITA. ID-SIDOARJO, Capres-Cawapres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan A Muhaimin Iskandar disambut 1,2 juta orang Jawa Timur di Jalan Pahlawan Sidoarjo, Minggu 15...

Latest Post