29 C
Surabaya

Diduga Ada Campur Tangan Mafia Tanah, Warga Madura Wadul ke DPRD Jatim

JURNALBERITA.ID -SURABAYA, Aliansi Pemuda Peduli Hak Atas Tanah Masyarakat (AP2HAKATM) melakukan demonstrasi di depan Gedung DPRD Jawa Timur.

Aksi tersebut berkaitan dengan permasalahan lahan warga di Kecamatan Labang, Kamal dan Socah yang dibeli oleh PT Semen Madura pada tahun 1982, hingga saat ini hak dan kewajibannya masih belum terselesaikan.

“Hingga saat ini, masih belum ada ganti rugi sepenuhnya. Sehingga permasalahan ini masih terus berlanjut hingga sekarang, ini akan berefek kepada kerugian masyarakat,” ujar Koordinator aksi Syafi’.

Syafi’ menyangka ada permainan mafia lahan di tanah tersebut. Sehingga mengakibatkan terbengkalainya lahan seluas 266 Ha yang belum ada pemanfaatannya.

“Tanah terbakalai seperti ini kita yakin ada mafia tanah yang bermain didalamnya. Tanah disana sama sekali tidak ada pembangunan,” ujarnya.

Menurut penuturannya tanah yang dikuasai PT. Semen Madura sudah dialihkan kepada PT. Perkasa Krida Hasta Indonesia (PKHI). Namun meski sudah dialihkan, pemanfaatan lahan ini hingga saat ini masih belum dilakukan dan terbengkalai selama hampir 38 tahun.

Hal itu sangat disayangkannya, sebab tanah yang berada pada daerah lahan basah tersebut seharusnya bisa memberikan asas kemanfaatan kepada masyarakat.

“Padahal dulu, menurut penuturan pemilik lahan, agar tanahnya masyarakat dijanjiin pekerjaan untuk biaya hidup sehari-harinya,” ujarnya.

Setelah aksi demo berjalan sekian lama, akhirnya sebagian peserta aksi pun diterima komisi A DPRD Jatim di ruang Badan Musyawarah untuk audiensi.

Menanggapi audiensi dari warga Bangkalan ini, anggota komisi A Bayu Airlangga berniat memanggil semua pihak yang terlibat didalamnya, termasuk PT. PKHI, Kanwil BPN Jatim dan BPN Bangkalan untuk mencari tahu duduk perkaranya.

“Insyaallah kita panggil, Kanwil Jatim dan Kepala BPN Bangkalan. Saya minta perwakilan dari warga untuk hadir juga, kita ingin mencari tahu permasalahannya seperti apa, dan solusinya seperti apa,” kata Bayu. (TOK/JB01)

Related Post

Bersama 150 Anak Yatim Piatu, PDAM Surya Sembada Surabaya Gelar Acara Buka Puasa Bersama

JURNALBERITA.ID - SURABAYA, Dipenghujung puasa ramdhan 1445 H/2024, PD Air Minum Surya Sembada Kota Surabaya menggelar acara buka puasa bersama 150 anak yatim piatu...

Latest Post