27 C
Surabaya

Kementerian Kesehatan RI Sosialisasikan Germas Gandeng Anggota Komisi IX DPR RI

JURNALBERITA.ID – SURABAYA, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia menggandeng anggota Komisi IX DPR RI, dari fraksi PAN, H. Sungkono asal Dapil Jatim I, menyelenggarakan acara sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), di Food Festival Pakuwon City, jalan Kejawan Putih Surabaya, Sabtu (20/11/2021).

Kementerian Kesehatan RI bersama Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur mensosialisasikan Germas dengan menghadirkan sedikitnya 250 audiensi yang hadir dalam acara tersebut.

Germas merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi Germas ini juga diikuti dengan memasyarakatkan prilaku hidu sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat, terang Yuli, salah satu penyuluh Kesehatan di Kementerian Kesehatan RI, di Surabaya.

“Program akses vaksinasi covid-19 sebagai upaya pemerintah untuk mencegah penularan Covid-19. Oleh Karena itu pencapaian target vaksinasi sesegera mungkin tercapai. Dengan demikian, Herd Imunity masyarakat bisa tercapai,” papar Yuli, dihadapan para audiensi yang hadir.

Yuli menambahkan Jawa Timur sudah tergolong baik dengan capaian vaksinasi yang sudah bagus, apalagi kota Surabaya yang sudah masuk pada status level 1. Hal ini lanjut dia, vaksinasi di Surabaya Capaian vaksinasi dosis pertama di Surabaya sebanyak 106,96%. Sedangkan dosis kedua 70,82% dan dosis ketiga 89,12%.

Untuk daerah yang capaian vaksinasinya terendah yakni di Kabupaten Sampang, Bangkalan. Sedang Kabupaten Sumenep Vaksinasi dosis pertamanya baru mencapai 17,18%, vaksinasi dosis kedua 7,17% dan vaksinasi dosis ketiga 62,31%.

“Daerah-daerah yang masih rendah capaian vaksinasi itu perlu mengejar pencapaian vaksinasi, capaian ini akan mempercepat pencegahan terhadap infeksi penyebaran Covid-19,” ujar Yuli.

Provinsi Jawa Timur lanjut dia, kasus baru covid-19 mencapai 28 kasus, ini artinya bahwa covid-19 masih ada dan belum sepenuhnya hilang. “Untuk itu kami menghimbau pada masyarakat untuk tetap waspada dan selalu mentaati protokol kesehatan. Covid-19 itu masih ada, belum semuanya hilang,” kata Yuli.

Kesempatan lain, anggota Komisi IX DPR RI dari fraksi PAN yang berangkat dari Dapil Jatim 1, H Sungkono menyampaikan, vasinasi itu sangatlah penting untuk mencegah enyebaran infeksi covid-19.

“Saya meminta pada masyrakat Surabaya khususnya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Walaupun masih divaksin tetap harus waspada terhadap penyebaran infeksi covid-19 ini,” himbau Sungkono.

Politisi Partai Amanat Nasional ini mengajak agar dengan gerakan masyarakat hidup sehat setidaknya bisa mencegah penularan covi-19 pada keluarga, saudara, teman serta lingkungannya.

“Walaupun sudah divaksin kita tidak boleh lengah dan mengabaikan rotokol kesehatan. Tetap waspada karena bahaya covid ini masih ada,” tukas Sungkono. (HNR/JB01)

Related Post

LaNyalla : Anak Muda Harus Persiapkan Diri Songsong Indonesia Emas di Tahun 2045

JURNALBERITA.ID - SIJUNJUNG, Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menegaskan bahwa generasi muda Indonesia harus mempersiapkan diri dalam menyambut Indonesia Emas di tahun...

Latest Post