29 C
Surabaya

PT. PON Donasikan Rp 6,3 Miliar untuk Penanganan Covid-19 di Gresik

PT. PON Donasikan Rp 6,3 Miliar untuk Penanganan Covid-19 di Gresik
PT PON donasikan Rp 6,3 miliar untuk penanggulangan covid-19 di Gresik

JURNALBERITA.ID – GRESIK, Prihatin dengan pandemi yang tak kunjung usai PT Petro Oxo Nusantara (PON) mendonasikan rp 6,3 miliar untuk penanggulagan Covid-19 di Gresik. Bentuk sumbangan perusahaan yang 50% sahamnya dimiliki pemerintah diwujudkan dalam rangkaian acara bertajuk “PON Peduli”.

Direktur Utama PT Petro Oxo Nusantara Gresik, Jaya Martapa menyampaikan program “PON PEDULI” merupakan bukti nyata perusahaan dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Utamanya di wilayah operasional perusahaan.

“Kedepan, perusahaan akan selalu berkontribusi lagi pada masyarakat dengan program-program lainnya. Kami akan selalu membantu masyarakat Gresik secara umum dan khususnya masyarakat di lingkungan sekitar Pabrik,” ujar Jaya Martapa dalam sambutan peresmian program “PON PEDULI”, Jumat (13/08/2021) di Gresik.

Rangkaian “PON PEDULI” yang digelar selama 5 bulan sejak Agustus hingga Desember mendatang terdiri atas menciptakan kampung tangguh yang ada di sekitar area pabrik.

Memberikan pelayanan ambulance sejumlah 4 (empat) unit. Pemberian asupan bagi semua warga yang terpapar virus Covid-19 sebanyak 3X sehari selama menjalankan masa isoman.

Bantuan paket sembako yang berisi beras 5kg, minyak goreng 2 liter, gula 1 kg dan mie instant 1 dus sebanyak 10.500 paket kepada masyarakat yang terdampak virus Covid-19. Utamanya, warga yang tinggal kelurahan Tlogopojok dan kelurahan Lumpur. Selain itu juga menyerahkan 1.500 paket sembako ke Pemkab Gresik.

Tidak itu saja. Perusahaan yang sahamnya dimiliki Kementerian Keuangan RI dan PT. Pertamina melalui PT. Tuban Petrochemical Industries (TubanPetro) juga memberikan bantuan APD (Alat Pelindung Diri) dan perlengkapan medis. Terutama bagi Tenaga Kesehatan (Nakes) yang terdiri dari 20 buah tabung oksigen berukuran 6m3. Juga 3 ribu baju hazmat, 1.000 buah gown medis, 1.000 buah appron medis, 10.000 buah masker medis, 3.000 buah masker N95, 20.000 buah sarung tangan latex dan 100 buah kantong jenazah.

Ditanya tentang latar belakang pemberian 4 ambulance multifungsi tak lain karena belum lama, ada 4 karyawan perusahaan yang dipimpinnya meninggal akibat terpapar Covid-19. Salah satunya terlambat mendapat pelayanan ambulance.

“Semoga adanya 4 ambulance ini bisa sedikit membantu lebih cepat pelayanan warga terpapar agar bisa tertolong,” papar Jaya pada wartawan.

Sisi lain, Jaya Martapa juga menyampaikan, meski dalam kondisi pandemi, perusahaan tetap mampu menjaga kinerja perusahaannya. Pertumbuhan bisnis semakin meningkat seiring makin tingginya permintaan terhadap produk yang dihasilkan.

Sebagai catatan, PT. PON bergerak di bidang industry 2-Ethyl Hexanol (2EH), Iso-Butanol (IBA), N-Butanol (NBA) dan Liquid Carbon Dioxide (LCO2) untuk konsumsi dalam negeri maupun ekspor dimana PT PON berkontribusi bagi pemasukan devisa negara.

Kapasitas produksi 150.000 metric ton (MT) untuk Ethyl Hexanol dan Isobutanol menjadikan PT. PON sebagai produsen terbesar di Indonesia, dengan penjualan 80% ekspor.

Dalam peluncuran program “PON PEDULI” Jaya Martapa menyerahan berbagai donasi secara simbolis kepada Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani SE dan Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah.

“Alhamdulillah, sumbangan PT. PON ini adalah yang terbesar di Gresik selama pandemi,” tegas bupati Gresik yang akrab disapa Gus Yani ini.

Bupati yakin, bantuan yang telah diberikan akan berdampak signifikan bagi penanganan pandemi Covid-19 di kota yang dipimpinnya. Nantinya semua bantuan dari PT. PON akan disebar ke semua wilayah Gresik.

“Saya berdoa semoga PT Petro Oxo Nusantara selalu sukses ke depannya, dan dapat selalu berkontribusi kepada pembangunan negeri ini,” terangnya.

Tertarik dengan ambulance yang dijajar di halaman PT. PON, Gus Yani mencobanya dengan menyopiri sendiri ambulance tersebut didampingi Jaya Martapa memutari halaman tempat acara berlangsung. (*)

Related Post

Pemkot Surabaya Gelar Rembuk Stunting Tahun 2024 Di Graha Sawunggaling

JURNALBERITA.ID - SURABAYA, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar rembuk stunting tahun 2024 di Graha Sawunggaling Komplek Gedung Pemkot Surabaya, Rabu (6/3/2024). Saat itu, disampaikan...

Latest Post