27 C
Surabaya

Silaturahmi Kebangsaan & Kebhinekaan Virtual Zoom Tiga Pilar, Kodam Jaya Bersama Kapolresta Metro Bekasi

Silaturohim tiga pilar bersama Kodam Jaya dan Kapolresta Metro Bekasi secara virtual zoom (*)

JURNALBERITA.ID – BEKASI, Kodam Jaya melaksanakan zoom meeting secara virtual dalam kegiatan silahturahmi kebangsaan untuk menjaga keutuhan dalam kebhinekaan untuk Indonesia yang damai dan maju.

Kegiatan Daring Zoom Meeting (Online) dalam rangka Silahturahmi Kebangsaan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurrahman, SE, MM ke Beberapa Pondok Pesantren dan unsur 3 Pilar di Jajaran Kodam Jaya.

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Wijonarko, S.IK, M.SI., ikut hadir sebagai unsur 3 Pilar Kota Bekasi dalam zoom meeting di Musolla Ponpes Yayasan Fatimiyah dengan Ketua Panitia Dr KH. Mulyadi Effendi (Pembina Ponpes Fathimiyah/Forum Komunikasi Pesantren Kota Bekasi) di jalan Setia Warga 1 RT. 02/02 Jatiranggon Kecamatan Jatisampurna Kota Bekasi yang digelar pada, beberapa waktu yang lalu, Rabu (23/12) .

Ponpes Yayasan Fathimiyah merupakan salah satu Pondok Pesantren di Kota Bekasi yang mewakili Kota Bekasi sebagai tempat pelaksanaan Zoom Meeting dalam rangka Silahturahmi Kebangsaan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurrahman, SE, MM.

Kegiatan yang juga dihadiri Dandim 0507/Bekasi Letkol Arm Iwan Aprianto, S.
IP., turut hadir Camat Jatisampurna Dr. Wahyudin, SH, M.Si, Kapolsek Pondok Gede Kompol Jimmy Marthin Simanjuntak, SIK, Danramil Pondok Gede Mayor Inf. Rahmat Triyono, S.Ag, MM dan Lurah se-Kecamatan Jatisampurna.

Dalam Sambutannya melalui Virtual Zoom Meeting Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., menyampaikan, silaturahmi kebangsaan ini bertujuan untuk menjalin hubungan yang baik dan harmonis antara TNI-Polri, khususnya Kodam Jaya/Jayakarta dan pemerintah daerah DKI Jakarta dengan segenap komponen bangsa lainnya seperti tokoh agama dan tokoh masyarakat sehingga akan terwujud partisipasi komponen bangsa di bidang pertahanan negara.

Lebih lanjut Pangdam Jaya, Dudung Abdurrahman menuturkan, saat ini fenomena besar sedang melanda kehidupan berbangsa dan bernegara, ada kelompok-kelompok tertentu bertentangan dengan cita-cita luhur rakyat Indonesia. Fenomena ini menjadi sebuah ancaman dan tantangan serius bagi bangsa, jika tidak segera ditangani bersama. Upaya disintegrasi bangsa terus digelontorkan hendak memecah belah nilai kesatuan dan persatuan.

“Dalam kesempatan silaturahmi kebangsaan ini, kita samakan visi dan persepsi untuk memperkokoh nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Pangdam Jaya Dudung Abdurrahman.

“Pluralisme merupakan bagian kekayaan bangsa Indonesia, kita jaga keutuhan dalam kebhinekaan untuk Indonesia yang damai dan maju. Keberagaman ini harusnya menjadi modal kekuatan bangsa Indonesia untuk maju, bukan menjadi penyebab meruncingnya pertikaian diantara anak bangsa. Kita ketahui sejak awal berdirinya bangsa ini sudah disepakati bahwa Pancasila merupakan dasar dan sebagai ideologi negara dengan keberagamanan suku, agama, budaya, dan etnisnya, bingkai kebhinnekaan ini seharusnya kita hormati bukan untuk diperolok,” tegas Pangdam Jaya.

“Bangsa ini tidak boleh kalah, makna Bhinneka Tunggal Ika dalam persatuan Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa yang memiliki kebudayaan dan adat istiadat yang beraneka ragam namun keseluruhannya merupakan suatu persatuan, keanekaragaman tersebut bukanlah merupakan perbedaan yang bertentangan namun keanekaragaman itu bersatu dalam satu sintesa yang pada gilirannya justru memperkaya sifat dan makna persatuan bangsa dan negara Indonesia,” pungkasnya.

Selasai mengikuti Dialog Kebangsaan oleh Pangdam Jaya dari Makodam Jaya yang dihadiri KH. (HC) Habib Lutfi bin Ali bin Yahya, Ketua Uskup Agung Katedral Bapak Ignatius Kardinal Suharyo, Ketua PGI DKI Jakarta Pendeta Gomar Gultom M.Th, Pandita Ida Brahma Cari (Saba Piandita PHDI DKI), Bapak Bhante Khanit Fanano Sekjen DPP Walubi, Bapak Budi S Tan Wibowo Ketua umum Matakin (Konghuchu).

Tampak para Ketua organisasi massa Islam seperti FKUB, MUI, PBNU dan Muhammadiyah DKI Jakarta dan Kabupaten/Kota se-DKI Jakarta. Dan Wakil Gubernur DKI, Wakapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya secara online. Pada kesempatan ini juga dilakukan kegiatan pemberian bantuan sembako dari pihak Kodim 0507/ Bekasi Kota kepada Pondok Pesantren Fathimiyah.(FAN/FWJ/JB01)

Related Post

LaNyalla : Anak Muda Harus Persiapkan Diri Songsong Indonesia Emas di Tahun 2045

JURNALBERITA.ID - SIJUNJUNG, Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menegaskan bahwa generasi muda Indonesia harus mempersiapkan diri dalam menyambut Indonesia Emas di tahun...

Latest Post