27 C
Surabaya

Pakar, Jamiluddin Menilai Dua Menteri Baru Memiliki Kompetensi & Integritas Tidak Diragukan

Pakar Komunikasi Politik Universitas Essa Unggul Jakarta, M Jamiluddin Ritonga (*)

JURNALBERITA.ID – JAKARTA, Presiden Jokowi telah mengumumkan reshuffle kabinet. Ada enam menteri yang diumumkan mendapatkan kursi menteri baru di Kabinet Indonesia Maju.

Dari enam menteri tersebut, menurut pengamat Komunikasi Politik Universitas Essa Unggul Jakarta ini, dua nama yang kompetensinya tak perlu diragukan, Menparekraf Sandiaga Uno dan Menteri Perdagangan M. Lutfi. Keduanya selain kompeten, integritasnya juga tak perlu diragukan.

Empat menteri lainnya punya persoalan yang berbeda-beda. Menteri Sosial Tri Rismaharini memang integritasnya memadai, namun kompetensi di bidang sosial masih diragukan, ucap Jamiluddin

Lanjut dia, Menteri Kelautan dan Periklanan, Sakti Wakyu Trenggono, memang memiliki kompetensi namun bukan di bidang tersebut. Jadi, ia kurang pas ditempatkan di Kementerian Kelautan dan Periklanan.

Budi Gunadi Sadikin juga punya kompetensi yang baik namun bukan di bidang kesehatan. Karena itu, ia juga kurang pas ditempatkan di kementerian tersebut.

Selain itu, sambung Jamiluddin, ada menteri yang selama ini kinerja tidak menonjol tapi tidak di reshuffle, seperti Menteri Komunikasi dan Informatika, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Pemuda dan Olahraga, Menteri Koperasi dan UMKM, serta Menteri Pertanian.

Begitu juga wakil menteri yang gaung kinerjanya tak terdengar, juga tidak di reshuffle. Padahal jumlah wakil menteri cukup banyak, yang sesungguhnya membebani anggaran.

Jamiluddin menambahkan, di era sulit ini, seyogyanya dilakukan pengetatan anggaran. Salah satunya dengan meniadakan jabatan wakil menteri. Saat reshuffle, hal itu sebenarnya pas ditiadakan.

“Dengan reshuffle setengah hati, saya khawatir kinerja Kabinet Indonesia Maju tidak akan berubah signifikan. Kabinet Indonesia Maju masih biasa-biasa saja,” tutur Jamiluddin.(*JB01)

Related Post

LaNyalla : Anak Muda Harus Persiapkan Diri Songsong Indonesia Emas di Tahun 2045

JURNALBERITA.ID - SIJUNJUNG, Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menegaskan bahwa generasi muda Indonesia harus mempersiapkan diri dalam menyambut Indonesia Emas di tahun...

Latest Post