29 C
Surabaya

Pemkot Akan Bangun 17 Hektar Hutan Kota Di Surabaya Barat

Pemkot Akan Bangun 17 Hektar Hutan Kota Di Surabaya Barat
Wakil Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana (*)

“Hutan Kota Jadi Prioritas Whisnu Dalam Pembangunan Surabaya Barat”

JURNALBERITA.ID – SURABAYA, Pemerintah kota surabaya terus berencana mempercantik dan membuat bersih udara kota pahlawan. Salah satunya di wilayah Surabaya Barat, yang terkenal gersang, panas, dan terlalu berpolusi.

Pemkot Akan Bangun 17 Hektar Hutan Kota Di Surabaya Barat

Wakil Walikota Surabaya Whisnu Sakti Buana mengatakan, Pemerintah kota Surabaya sedang memprogram pembangunan Hutan Kota di wilayah Pakal-Benowo, di sekitar Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Setidaknya, di sana Pemkot memiliki lahan sebesar 15-17 Hektar. Hutan Kota itu akan menyerupai Botanical Garden di Singapura.

BACA JUGA :

“Tujuan kami ke sana. Karena memang, polusi di Surabaya barat, utamanya daerah Benowo itu tinggi. Selain banyak pabrik, juga dekat wilayah TOLL,” kata whisnu, Sabtu 18 Juli 2020 di Rumah Dinas Walikota Surabaya.

Ia menilai, pembangunan hutan kota sangatlah penting untuk mengatur cuaca dan iklim di Kota Surabaya, utamanya Surabaya Barat. Sehingga bisa meredusi polusi secara masif, dan membuat ‘alat pendingin’ alami.

Pemkot Akan Bangun 17 Hektar Hutan Kota Di Surabaya Barat

Pembangunan Hutan Kota di wilayah Surabaya Barat itu, selain diprioritaskan di masa akhir jabatannya sebagai Wakil walikota Surabaya yang mendapingi Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Proyek itu juga akan menjadi salah satu program utama dirinya, apabila terpilih menjadi Walikota Surabaya.

Maka dari itu, untuk memperlancar pembangunan itu ia akan berkoordinasi dengan seluruh pihak. Baik itu pemerintah pusat dan juga pemerintah provinsi. Karena baginya, membangun Kota surabaya tak bisa sendirian.

Selain itu, ia akan bekerjasama dengan pihak-pihak yang memiliki konsen dalam pembangunan Hutan Kota, sehingga hutan kota itu tak hanya dibangun seadanya. Namun juga bermanfaat. Terlebih berada di sekitar kawasan Olahraga.

“Kita akan sesuaikan dengan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) pusat dan provinsi. Karena selain untuk hutan kota, ya juga bisa jadi wisata. Akan meningkatkan pariwisata dan dana,” katanya. (*JB01)

Related Post

Pemkot Surabaya Gelar Rembuk Stunting Tahun 2024 Di Graha Sawunggaling

JURNALBERITA.ID - SURABAYA, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar rembuk stunting tahun 2024 di Graha Sawunggaling Komplek Gedung Pemkot Surabaya, Rabu (6/3/2024). Saat itu, disampaikan...

Latest Post