Pastikan Hewan Qurban Sehat, DKPP Siapkan Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Qurban

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya, Yuniarto Herlambang (JB01)

JURNALBERITA.ID – SURABAYA, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya berencana akan menurunkan Tim pemeriksa hewan Qurban menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 H ditengah kondisi pandemi covid-19.

“Nanti ada tim pemeriksa hewan atau ternak, sebelum disembeli maupun setelah di sembelih,” ujar Yuniarto Herlambang, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya, Sabtu (11/07).

Nantinya lanjut dia, tim akan disebar kebeberapa titik untuk memeriksa kesehatan hewan Qurban yang diperjual belikan di Surabaya. 60 orang akan dibagi dalam lima Tim, dan melaksanakan tugasnya untuk memeriksa dibeberapa titik lokasi yang ada di Surabaya.

“Wilayahnya akan kita bagi menjadi Surabaya Utara, Barat, Timur, Selatan serta Surabaya pusat. Rencanan Tim akan bergerak mulai Senin (13/07/2020),” papar Yuniarto.

Terkait pengawasan, urai dia, Tim DKPP sendiri tentu akan mengikuti aturan protokol kesehatan Covid-19. Diharapakan semua tim perlu menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Kita tugasnya hanya pemeriksaan hewan saja,” papar Yuniarto.

Sementara bagi pedagang hewan Qurban, juga perlu menerapkan protokol kesehatan. Karena ini masih dalam kondisi pandemi pihaknya menghimbaui agar pedagang dan pembeli diwajibkan menggunakan masker. Tim DKPP tidak sampai mengarah kesana, karena bukan kewenangannya namun hanya melakukan pemeriksaan terhadap keehatan hewan Qurban, terang Yuniarto

“Kami berharap, agar pedagang dan pembeli nantinya harus mengikuti aturan protokol kesehatan saat bertransaksi hewan Qurban,” harapnya. (JB01)

 

Share this post

No comments

Add yours