Warga Kebraon Indah Permai Seminggu Dua Kali Lakukan Penyemrotan Disinfektan Guna Antisipasi Pandemi Covid-19

Satgas Covid-19 RT 04 RW 13 Perum Kebraon Indah Permai bersama warga bergotong royong melakukan penyemprotan disinfektan (JB01)

JURNALBERITA.ID – SURABAYA, Satuan Tugas (SATGAS) RT 04, RW 13 perumahan Kebraon Indah Permai (KIP), Kelurahan Kebraon, Kecamatan Karangpilang Surabaya, seminggu dua kali, secara bergotong royong melakukan upaya penyemprotan disinfektan. Kegiatan ini guna mengantispasi penyebaran virus corona yang tengah mengintai setiap jiwa manusia. Kegiatan warga tersebut, sebagai usaha memutus mata rantai penyebaran covid-19 diwilayahnya, ditegaskan ketua RT 04 RW 13 KIP, Dedik Hendratno.

“Seminggu dua kali warga RT 04 secara bergotong-royong melakukan penyemprotan wilayah RT 04, RW 13. Hal ini dilakukan guna memutus mata rantai pandemi covid-19,” kata Dedik, Minggu (19/04) disela-sela kegiatan penyemprotan.

Satgas RT 04 juga bagi-bagi masker pada warga KIP (JB01)

Selain untuk menjalankan program pemerintah, lanjut Dedik, warga masyarakat di RT 04 RW 13 KIP membentuk Satgas RT, dimana tugas pokok Satgas itu adalah untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid 19.

“Kegiatan ini dilakukan untukmemberikan rasa aman dan nyaman pada warga. Sehingga warga yang melaksanakan lockdown maupun beraktivitas diluar rumah untuk berjemur di pagi hari tidak merasa khawatir lagi,” ujar Dedik.

Dedik Menambahkan, 6 langkah poko Satgas yang perlu dilakukan, yakni melaksanakan penyemprotan disinfektan di wilayah RT 04, dua kali dalam seminggu. Bekerjasama dengan Pemkot Surabaya (Dinas Damkar) melaksanakan penyemprotan disinfektan di seluruh wilayah RW13. Melakukan pemeriksaan dengan alat digital thermometer pada setiap warga dengan ketentuan apabila suhu badan di atas normal, maka Satgas akan bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Selain itu juga melakukan pendataan setiap warga baru atau tamu yang masuk di wilayah RT 04. Pendataan itu terkait asal muasal, kalau mereka berasal dari luarkota maka Satgas akan meminta surat keterangan sehat dari rumah sakit atau Puskesmas,” urai Dedik.

Tugas pokok yang lain dari Satgas adalah membagi-bagikan masker kepada setiap warga dan penguna jalan di RT 04, bagi tamu yang masuk tanpa menggunakan masker. “CCTV juga dipasang di wilayah RT 04, agar pemantauan sisi keamanan lebih terjaga, ungkapnya.

Satgas bagikan masker pada warga KIP (JB01)

Kegiatan yang dilakukan Satgas ini mendapat apresiasi dari semua warga, sehingga untuk kebutuhan-kebutuhan materi yang  timbul di sokong sepenuhnya oleh warga RT 04, tentunya Satgas selalu memberikan laporan pertanggung jawaban kepada semua warga dalam setiap minggunya melalui Group whatsApp di RT 04. Ini mungkin bisa menjadi rol model dan percontohan yag dilakuakan disetiap perkampungan di Surabaya.

Terpisah, Ketua RW 13 perum KIP, Setiagil Amari, menyampaikan,  bahwa diinya merasa senang dan bangga karena tim Satgas RT ini komunikatif dan menjalankan tugasnya sesuai dengan tupoksinya.

“Saya akan selalu mendukung bahkan memfasiltasi kerjasama yang baik dengan tim Satgat RW 13 yang sudah di bentuk beberapa minggu lalu supaya bersinergi di setiap kegiatannya,“ jelas Agil.

Salah satu warga RT 04 perum KIP, Ning Biwi Maria Ulfa yang sedang berjemur  di depan rumahnya mengatakan, dirinya merasa senang dengan tugas yang telah dijalankan oleh Satgas.

“Saya dan keleurga merasa tida khwatir lagi dengan adanya kegiatan yang dilakukan Satgas. Karena mereka selalu memberi rasa aman dan nyaman buak kami. Untuk itu kami sekeluarga mengucapkan terimakasih   sayamerasasenangdanbanggamenjadisalahsatuwaga RT 04 karenasayatidakkhawatirdanmerasabravo Satgas RT 04 RW13,” ucap Maria.

Hal senada juga disampaikan Nail Ahmad Athori (12 tahun) bersama adiknya yang tengah bermain bola didean rumahnya. “Selama seminggu kami di dalam rumah tanpa ada kegiatan apapun hanya bertemankan laptop di karenakan harus menyelesaikan tugas sekolah secara daring,”ucapnya.

Sekarang dirinya bersama teman sebayanya dapat bermain didepan rumahnya bermain bola untuk mengusir kejenuhan dengan rasa yang aman, tapi tetap mengikuti protokol keehatan dengan memakai masker.

Salah satu petugas Satgas RT 04, Imam S Hasyim, disela-sela kegiatan penyemprotan disinfektan mengatakan, tim Satgas RT 04 siap menjalankan tugas sesuai dengan tupoksi yang diberikan. Tentunya ini merupakan dukungan dari semua warga RT 04 RW 13 perum KIP. “Kami selalu berkoordinasi dengan Satgas RW 13 dalam setiap kegiatan. Ha ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi semua warga RT 04 perum KIP,” terang Imam.

Tugas Satgas mendapat support dari seluruh warga RT 04, jadi dirinya bersama teman-teman satgas lainnya hanaya menjalankan tugas dengan sebaik mungkin ditengah pandemi Covid-19 saat sekarang, tukas Imam. (JB01)

 

Share this post

No comments

Add yours