Pasar Kapasan Akan Dibuka Lagi, John Thamrun : Semua Patuhi Protokol Kesehatan

John Thamrun Anggota Komisi B DPRD Surabaya dari fraksi PDIP (JB01)

JURNALBERITA.ID – SURABAYA, Anggota Komisi B DPRD Surabaya dari fraksi PDIP, John Thamrun mengapresiasi kabar akan dibukanya lagi operasional pasar Kapasan pada Sabtu 18 April 2020.

“Hasil laboratorium menunjukkan kalau kepala pasar yang diduga terinfeksi Covid-19 ternyata negatif” jelas John Thamrun, Jumat (17/04).

Dengan begitu menurut dia, pihak PD Pasar Surya sebagai pengelola Pasar Kapasan, sudah menjalankan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah menghadapi pandemi Covis-19.

Pria yang akrab disapa JT ini mengatakan, tindakan PD Pasar Surya menutup Pasar Kapasan ketika itu merupakan bentuk kehati-hatian. “Meski begitu kebijakan harus sesuai protokol kesehatan, karena pasar itu menyangkut hajat hidup orang banyak. Jangan ditutup sebelum ada hasil laboratorium” tegasnya.

JT menghimbau kepada pasar-pasar lain di Surabaya agar benar-benar menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

”SOP nya sudah jelas yaitu physical distancing, pakai masker, cuci tangan dan pola hidup bersih. Kalau ini dilakukan maka penutupan pasar bisa dihindari. Tapi kalau ada yang positif Covid-19 ya harus ditutup” terangnya.

Untuk menerapkan protokol kesehatan itu pihak PD Pasar Surya harus bekerjasama dengan instansi lain. “Diantaranya Linmas dan Satpol PP” ungkapnya

JT menekankan lebih baik mencegah penyebaran Covid-19 tanpa menutup pasar, karena penutupan pasar berdampak luas bagi masyarakat. “Pedagang rugi, sedangkan masyarkat tidak mendapatkan kebutuhan sehari-harinya”pungkasnya.

Pasar Kapasan selama ini menyediakan kebutuhan garmen dan menjadi tempat kulakan pedagang lainnya. Selain itu pasar ini juga menjual kebutuhan sembako. (JB01)

Share this post

No comments

Add yours