685 Karyawan Di Surabaya Terimbas PHK Dampak Dari Covid-19

Ketua Komisi D DPRD kota Surabaya, Khusnul Khotimah (JB01)

JURNALBERITA.ID – SURABAYA, Sedikitnya 180 ribu orang terimbas pemutusan hubungan kerja (PHK) di Jawa Timur yang mendaftar kartu pra kerja. Program pemerintah pusat yang dicanangkan presiden RI Joko Widodo, untuk wilayah Jawa Timur tersedia 500 ribu kartu pra kerja.

Dampak pandemi Covid-19 ini, 12 ribu perusahaan yang beroperasional di Kota Surabaya, baru 8 perusahaan yang telah melaporkan ke Disnaker terkait adanya PHK atau karyawan yang dirumahkan. Dan 74 orang melaporkan sendiri ke Dinas Tenagakerja Surabaya, disampaikan Ketua Komisi D DPRD Kota Surabaya, Khusnul Khotimah dari fraksi PDI Perjuangan.

“Jadi jumlah karyawan yang di PHK ada sekitar 685 orang dari delapan perusahaan yang dilaporkan ditambah dengan yang melaporkan sendiri,” ungka Khusnul, Senin (13/04) diruang Komisi D.

Khusnul memaparkan, data tersebut disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) kota Surabaya, Dwi Purnomo saat melakukan teleconfrence di ruang komisi D.

“Disnaker Jatim nantinya akan menyediakan 56 outlet untuk masyarakat di Jawa Timur bagi yang kurang paham IT  dan bagi yang terkena dampak Covid-19,” katanya.

Ia juga membeberkan, sedangkan untuk di wilayah Surabaya sendiri Disnaker kota Surabaya telah menyiapkan fasilitas 8 komputer untuk masyarakat yang kurang mengerti teknologi.

“Disnaker Surabaya akan  melakukan pendampingan, mereka nanti akan membantu untuk mengentrikan data ke laman www.prakerja.go.id,” tukasnya. (JB01)

 

Share this post

No comments

Add yours