Giat Mandiri, Warga Jatimulyo Perangi Wabah Covid-19

Perangi penyebaran virus Corona (Covid-19) Warga Jatimulyo Kota Malang Lakukan penyemprotan disinfektan (M1N)

JURNALBERITA.ID – MALANG, Penyebaran virus Corona (Covid-19) yang banya memakan korban jiwa dari berbagai belahan dunia. Di kota Malang masyarakat saling bekerjasam dalam melawan pandemi Covid-19 ini. Upaya  yang telah dilakukan salah satunya dengan melakukan penyemprotan disinfektan dan social distancing guna memutus mata rantai berkembangnya penyebaran virus ini.

Warga Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Senin (30/03) dengan melibatkan Karang Taruna, Ketua RT dan RW juga lurah. Mereka melakukan penyemprotan dan edukasi pada warga di wilayah RW 1 dan RW 9 soal social distancing.

Ketua Karang Taruna Kelurahan Jatimulyo, Rio menyampaikan, pandemi Covid-19 yang sangat cepat, juga dirasakan sampai di Kota Malang. Dan Kota Malang telah ditetapkan zona merah penyebaran Covid-19 oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. “Tentunya hal ini mengganggu stabilitas segala aspek, bahkan sampai masyarakat tingkat bawah,” papar Rio.

Untuk itu kata Rio, perlawanan dan penyelesaian masalah ini, butuh kerjasama segala elemen bukan hanya pemerintah. Disamping itu, kerja pemerintah juga belum dapat dikatakan maksimal, maka masyarakat juga perlu bergerak dan bekerja sama secara mandiri.

Warga Kelurahan Jatimulyo berinisiatif untuk berpartisipasi melawan virus mematikan tersebut, salah satunya dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri di wilayah RW 9 dan RW 1 Kelurahan Jatimulyo, Malang, ujarnya.

Tidak hanya itu ungkap Rio,  selain itu ada juga edukasi yang dilakukan oleh Karang Taruna Jatimulyo kepada warga yaitu edukasi soal mencuci tangan, cara hidup sehat, langsung mandi ketika dari luar dan menghimbau masyarakat agar tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan mendesak (Social Distancing, red). “Ini perlu kerjasama berbagai pihak dalam menanggulangi dan melawan virus mematikan tersebut,” tutur dia.

Giat ini melibatkan ketua RW dan ketua RT di kedua wilayah dengan bahu membahu sekaligus turun langsung untuk menghimbau warga agar keluar rumah selama proses penyemprotan disinfektan dilakukan. Penyemprotan menghabiskan 2700 liter cairan disinfektan dengan sasaran sekitar seribu dua ratus rumah yang disemprot disinfektan.  Penyemprotan juga dihadiri langsung oleh Lurah Jatimulyo, Purnomo yang memberikan dukungan dan support untuk warga dalam melakukan giat tersebut. (M1N/JB01)

Share this post

No comments

Add yours