KADIN JATIM : Jadikan JATIM Sebagai Alternatif Tujuan Wisata

Destinasi pantai Watu Karung Pacitan (3R1/JB01)

JURNALBERITA.ID – SURABAYA, Merebaknya virus Corona di Wuhan China juga menjadi perhatian pelaku industri di Jawa Timur. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur berharap kondisi ini dimanfaatkan dengan baik untuk menggenjot sektor pariwisata di Jawa Timur.

Adik Dwi Putranto Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur menyatakan, Jatim bisa menjadi alternatif tujuan wisata bagi wisatawan mancanegara yang ingin berlibur ke China. “Karena potensi pariwisata di Indonesia sangat besar. Keindahan Indonesia tidak kalah dengan China, mulai dari wisata alam hingga wisata belanja yang tersedia.”ujarnya Senin (10/2/2020)

Harapannya wisatawan dari seluruh dunia yang batal ke China bisa masuk Indonesia terutama Jatim.

Diakui Adik penutupan penerbangan dari dan ke China yang resmi diberlakukan minggu lalu, akan memberikan dampak bagi dunia industri dalam negeri, utamanya dari sektor pariwisata. “Kinerja pariwisata Jatim secara signifikan akan berdampak, terlebih jumlah wisatawan dari China atau Tiongkok yang masuk Jatim sangat besar.” urainya

Sementara Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim mencatat jumlah kunjungan wisman China ke Jatim sepanjang 2019 mencapai 23.930 kunjungan. Jumlah itu naik 88,63 persen dibandingkan 2018 yang hanya 12.686 kunjungan.

Total jumlah wisatawan yang masuk Jatim yang mencapai 20.546 kunjungan, wisatawan yang berkebangsaan Tiongkok mencapai sebanyak 1.911 kunjungan atau turun sebesar 3,58 persen dibandingkan November 2019. (3R1/JB01)

Share this post

No comments

Add yours