DPRD DKI Jakarta Timbah Ilmu Dari Kota Surabaya Masalah Tata Kelolah Perkotaan

Wali Kota Surabaya saat memberikan pemaparan pada tamunya dari DPRD DKI Jakarta (JB01)

JURNALBERITA.ID – SURABAYA, Puluhan anggota DPRD DKI Jakarta mengunjungi Surabaya, Jumat (20/12). Para wakil rakyat Jakarta itu ingin menyerap ilmu dan inovasi dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Diterima di ruang kerja Risma dan ruang sidang Balai Kota Surabaya, para wakil rakyat dari ibu kota negara tersebut mempelajari berbagai inovasi salah satu walikota terbaik dunia itu.

Risma pun memaparkan berbagai inovasi yang dijalankan Pemkot Surabaya. Saat Risma sedang fokus memaparkan penanganan permasalahan darurat warga hingga program membantu warga miskin yang sakit melalui tiga skema sinergi dengan BPJS Kesehatan, sejumlah anggota DPRD DKI Jakarta melempar celetukan.

“Coba Jakarta kayak begini,” ujar seorang anggota DPRD DKI Jakarta yang langsung disambut tepuk tangan dan tawa ceria seluruh peserta pertemuan.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono, mengatakan, kedatangan timnya ke Surabaya ini untuk menimba ilmu kepada Risma di segala bidang. Mulai penataan kota, manajemen banjir, hingga kerukunan umat beragama.

“Jakarta duitnya gede, tapi penyelesaian masalahnya kok enggak ngerti saya. Tiap hari ini saya kirim saran dan komplain ke Pak Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta). Semoga setelah saya balik ke Jakarta, Pak Anies langsung fokus meniru Bu Risma agar semua masalah di Jakarta cepat beres,” ujar Gembong.

Gembong mengatakan, karakter Jakarta dan Surabaya secara geografis maupu sosiologis kurang-lebih sama. Jakarta dan Surabaya sama-sama daerah di pesisir. Kedua daerah itu juga sama-sama multikultur dan multietnis.

Setelah mendapat ilmu dari Risma, para wakil rakyat itu akan menyampaikan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. “Tidak ada salahnya belajar kebaikan, berlomba-lomba dalam kebaikan. Kami ingin pembangunan di Jakarta bisa sesukses di Surabaya,” tandasnya.

“Misalnya soal penataan sungai biar bersih, bagaimana manajemen banjir, bagaimana ruang terbuka hijau, pokoknya kita belajar ke Bu Risma,” pungkas Gembong. (JB01)

Share this post

No comments

Add yours