Siapkan Jaringan, PT XL Axiata Tbk Antisipasi Lonjakan Trafik Saat Natal & Tahun Baru

Plt. Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa (kanan) bersama dengan Head Telco Service Operation XL Axiata, Hendrik (kiri) menunjukkan kondisi jaringan XL Axiata di seluruh Indonesia melalui papan monitor yang berada di pusat pemantauan kualitas jaringan layanan XL Axiata atau “Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) yang berada di kantor pusat XL Axiata Jakarta (*ERI)

JURNALBERITA.ID – JAKARTA,  Antisipasi lonjakan trafik saat Natal dan Tahun Baru 2020, di berbagai lokasi wisata dan kota kota tujuan mudik yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan telekomunikasi dan data guna menghadapi masa libur panjang di akhir tahun 2019 ini.

Berdasarkan data trafik tahun-tahun sebelumnya, tim XL Axiata juga sudah mengidentifikasi kota-kota yang rawan dengan lonjakan trafik. Kota-kota tersebut terutama yang berada di jalur utama mudik, seperti Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, hingga Surabaya dan Malang serta Denpasar. Selain itu juga Merak, Bandar Lampung, hingga Palembang di jalur Jawa ke Sumatera. Untuk itu, XL Axiata sudah menyiapkan rekayasa pengalihan atau pemecahan trafik jika terjadi kepadatan di suatu area. Dengan demikian, lonjakan trafik di suatu lokasi tidak akan menyebabkan congestion yang bisa menurunkan kualitas layanan kepada pelanggan.

Plt. Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, persiapan khusus sudah kami lakukan sejak jauh-jauh hari.

“Tahun lalu, trafik data meningkat sekitar 30 persen dibandingkan hari-hari biasa. Untuk liburan nanti, kami memprediksi akan terjadi kenaikan trafik sekitar 15 persen di layanan data, dengan layanan streaming video/musik, instant messenger, gim, dan media sosial akan mendominasi. Akses ke peta digital seperti Google Map dan Waze juga kemungkinan akan mengalami peningkatan.”katanya Rabu (11/12/2019)

Gede menambahkan, persiapan jaringan lainnya adalah berupa pengaturan trafik internet ke arah upstream arah Malaysia dan Australia menjadi 1,5x dan menggunakan 2 exchange Singapura dan Australia. Selanjutnya, tim XL Axiata juga telah mengidentifikasi sedikitnya 300 titik lokasi yang diperkirakan akan menjadi pusat mobilitas pemudik, seperti antara lain bandar udara, terminal, pelabuhan penyeberangan, stasiun kereta, hingga rest area di sepanjang jalan tol Jawa dan Sumatera. Selain itu juga lokasi tujuan wisata, pusat perbelanjaan, hingga tempat ibadah terutama Gereja terkait perayaan Natal.

Gede optimis kualitas layanan data selama liburan panjang nanti akan tetap prima dan pelanggan akan tetap mendapatkan kenyamanan sesuai dengan yang mereka butuhkan. Selain persiapan khusus dalam menyambut masa liburan ini, performa jaringan data juga akan terbantu oleh selesainya fiberisasi di ratusan kota di berbagai daerah, baik di sebagian besar Jawa dan luar Jawa.

“Untuk itu, tim kami di lapangan akan standby 24 jam selama masa libur ini, selain juga ada tim yang terus memantau kondisi jaringan di seluruh wilayah layanan XL Axiata melalui pusat monitoring kualitas layanan XL Axiata – Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) yang berada di kantor pusat di Jakarta.”pungkasnya.

Share this post

No comments

Add yours