Jelang Natal Tahun Baru Harga Kebutuhan Pokok Mulai Naik

Harga kebutuhan pokok mulai naik menjelang Natal dan Tahun Baru (JB01)

JURNALBERITA-SURABAYA, Setiap mendekati perayaan Natal dan pergantian tahun, harga kebutuhan pokok di Jawa Timur mulai menunjukkan kenaikan yang variatif.

Kenaikkan harga beberapa komoditi ditengarai tingkat kebutuhan menjelang Natal dan Tahun baru mengalami kenaikan permintaan disamping sudah memasuki musim penghujan.

Pantauan jurnalberita.id di pasar Wonokromo dan pasar Pucang Surabaya (27/19), rata-rata harga di tingkat Konsumen tertinggi terjadi pada komoditi beras jenis Bengawan dan IR 64.

Sungkono salah satu pedagang di pasar Wonokromo menegaskan,”Untuk beras Bengawan saat ini harga tertinggi Rp 11.216 perkilo, dari harga sebelumnya Rp 11.166 perkilo, IR 64 Rp 9.571 perkilo,”tegas Sungkono kepada jurnalberita.id Rabu (27/11/2019)

Menurutnya, kenaikan harga tertinggi justru pada telur yang rata rata naik mencapai 54 persen atau sekitar Rp 22 ribu perkilo.

“Minyak goreng dalam kemasan juga naik dikisaran 0,16 persen sampai 1,33 persen, begitu juga dengan minyak curah,”

Begitu juga dengan harga komoditi sayur mayur, jenis kol/kubis Rp 6 ribu perkilo, kentang, tomat, wortel harga naik rata rata 0,95 persen dari harga normal, untuk buncis Rp13 ribu perkilo atau naik 1,41 persen dari Rp 12 ribu perkilo.

Para pedagang maklum kenaikan harga beberapa komoditi kebutuhan jelang natal dan tahun karena tingginya tingkat permintaan yang belum diimbangi dengan pasokan yang memadai.”Barangkali beberapa wilayah sentra pertanian sudah turun hujan sehingga kapasitas produksi jadi agak turun,” pungkas Sungkono. (ERI/JB01)

.

Tags Beras

Share this post

No comments

Add yours