Arif Fathoni : Koalisi Yang Dibangun Guna Mempercepat Terbentuknya Alat Kelengkapan Dewan

Ketua Fraksi partai Golkar DPRD kota Surabaya, Arif Fathoni (JB01)

JURNALBERITA.ID – SURABAYA, Tawaran berkoalisi dari PDI Perjuangan pada apartai Golkar disambut baik. Golkar telah menyatakan sikap untuk bergabung dengan ajakan koalisi PDIP di FPRD Surabaya. Sampai saat ini koalisi yang sudah terbentuk diantaranya ada PDIP, PKB dan Golkar.

Menurut Ketua Fraksi Golkar DPRD Surabaya, Arif Fathoni mengatakan, koalisi ini atas inisiatif dari teman-teman PDIP. Karena semangatanya membangun koalisi untuk mempercepat pembentukan alat kelengkapan dewan maka Golkar turut berada dalam koalisi tersebut.

“Diawal partai Golkar berharap koalisi nasional juga tetap terjaga sampai ke daerah-daerah, termasuk di DPRD Surabaya, senagai partai pendukung pak Jokowi,” ucap Thoni, ditemui diruang Fraksi, Senin (2/9).

Lanjut Thoni, partai Golkar sebagai partai pemenang ke 5, tentu perlu koalisi dengan partai lain sangat diperlukan, dan Golkar sendiri bukan partai inisiator, tetap pimpinan komando koalisi dibawah PDIP.

“Golkar sendiri tetap menghargai itu, supaya alat kelengkapan dewan cepat terbentuk tanpa perdebatan panjang,” papar mantan wartawan ini.

Anggota dewan ini sifatnya kolektif kolegian. Artinya, kata Thoni, mereka memiliki hak yang sama dengan unsur pimpinan yang lain terkait kebijakan publik.

Diainggung soal Ketua DPRD Surabaya, Thoni menyampaikan, partai Golkar sangat menghormati yang menjadi kebijakan dan mekanisme partai lainnya. Termasuk juga mekanisme internal PDIP.

PDIP merupakan partai pemenang pertama, dan di DPRD Surabaya memperoleh 15 kursi. Secara otomatis sesuai dengan ketentuan Undang-undang sebagai pemenang pemilu akan mendapatkan jatah kursi pimpinan baik di pusat maupun didaerah, imbuhnya.

Namun lanjut Thoni, siapapun yang ditunjuk oleh DPP PDIP kita hormati mekanisme partai lain. Partai Golkar tetap mendukung apalagi ada dalam koalisi.

“Ya tetap kita dukung, apalagi kita berada dalam koalisi,” ucap dia.

Thoni berharap, partai-partai lain juga berada dalam koalisi. Sehingga alat kelengkapan dewan bisa cepat dibentuk dan kita bisa cepat bekerja untuk kepentingan masyarakat Surabaya, pungkas Thoni. (JB01)

Share this post

No comments

Add yours