Bea Cukai Biarkan Dugaan Peredaran Rokok Ilegal Di Kabupaten Malang

Diduga rokok ilegal beredar di Kabupaten Malang (MIN/JB01)

JURNALBERITA.ID – MALANG, Berbagai kegiatan dan sosialisasi yang digelar pihak Bea dan Cukai Indonesia terkait beredarnya rokok ilegal di Kabupaten Malang. Kegiatan tersebut,  ternyata tidak begitu berdampak pada peredaran rokok yang terindikasi ilegal. Hal ini terbukti dari temuan kami,
Kamis (18/7) di wilayah utara Kabupaten Malang

Peredaran rokok yang diduga ilegal tersebut diantaranya merk BB dan BU. Dari kemasan rokok yang kami temui, satu merk rokok tanpa cukai sementara merk lain tertempel pita cukai yang mencurigakan. Karena jumlah satuan batang yang tertera di pita cukai tidak sesuai dengan yang tertera pada kemasan rokok itu.

Menurut keterangan pemilik warung yang bernama bu Ani mengatakan, bahwa dia sudah lama mendapat kiriman rokok itu dari sales yang datang ke tokonya setiap satu minggu sekali. Disinyalir peredaran produk itu sudah lama dia jual, karena memang peminatnya banyak dengan harga yang murah yaitu Rp 6 ribu rupiah perpacknya.

Dia juga menerangkan, walaupun dua rokok tersebut berbeda merk namun dia mendapat kiriman dari sales yang sama.

Saat media ini menanyakan, apa beliau tidak pernah mendapat informasi tentang ciri-ciri dan larangan memperdagangkan rokok ilegal, wanita paruh baya ini menjawab, tidak tahu sama sekali dan tidak mengerti akan hal tersebut.

Sebelum melakukan langkah klarifikasi ke pihak Bea Cukai kabupaten Malang, tadi malam (18/7), kami mencoba untuk meminta klarifikasi kepada ketua DPRD kabupaten Malang, Hari Sasongko, melalui pesan WA terkait adanya laporan atau pengawasan peredaraan rokok ilegal di wilayahnya, namun sampai berita ini di turunkan belum ada tanggapan apapun dari yang bersangkutan. (MIN/JB01)

Share this post

No comments

Add yours