Upaya Pemkot Surabaya Mensejahterakan Guru SD, SMP Swasta Belum Ada Kejelasan

Reni Astuti Politisi PKS anggota Komisi A, DPRD Kota Surabaya (dok)

JURNALBERITA.ID – SURABAYA, Semangat pemerintah kota (Pemkot) Surabaya untuk memberikan tambahan gaji guru SD, SMP swasta untuk mensetarakan dengan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) kota Surabaya patut diapresiasi.

Namun, hingga kini upaya mensejaterakan guru SD,SMP swasta itu belum jelas. Menanggapi hal ini anggota Komisi A Reni Astuti membeberkan, semangat Pemkot Surabaya untuk mensejahterakan gutu SD, SMP swasta perlu kita dorong.

Langkah Pemkot ini sudah dipersiapkan anggarannya senilai Rp 81 miliar dan sudah disetujui oleh dewan. Proses pencairannya perlu ada payung hukum berupa Perwali (Peraturan Wali Kota).

“Ya, tinggal nunggu Perwalinya. Apakah bu Wali ada kemauan untuk menerbitkan Perwali tersebut,” ucap Reni.

Politisi PKS ini juga mengatakan, semangat untuk mensejahterakan para guru swasta itu digulirkan sejak bulan Oktober 2018 tahun lalu. Tapi sampai sekarang perwalinya belum ada.

“Tidak bisa direalisasikan kalau belum ada perwali yang memayunginya,” ujarnya, Kamis (21/3).

Untuk itu kata Reni, Pemkot segera merealisasikan guna kesejahteraan para guru swasta yang masih mendapatkan bayaran dibawah Rp 1 juta.

“Seharusnya awal tahun ini sudah cair. Nyatanya hingga memasuki bulan ketiga belum juga cair,” terangnya.

Infonya lanjut Reni, Pemkot akan mencairkan pada pertengahan tahun ini. Kalau. Bopda dicairkan pertengahan tahun tidak masalah.

“Namun, soal tambahan penghasilan ini kan kasihan para guru,” bebernya.

Seharusnya kata Reni, pencairan tambahan penghasilan guru swasta  dilakukan awal tahun. Sebagaimana dalam pembahasan rencana penambahan penghasilan itu diajukan Pemkot ke Dewan.

“Asumsi kita, guru yang kita subsidi itu sudah mrncadangkan biaya gaji antara Rp 500 ribu hingga Rp 700 ribu per bulan,” urai dia.

Dari hasil konsultasi dengan para pakar, Eri Cahyadi juga menyebut, ada masukan bahwa subsidi yang diberikan Pemkot maksimal 60 persen dari gaji guru UMK yakni Rp 3, 8 juta. (JB01)

Share this post

No comments

Add yours