Pedagang Ikan Pasar Pabean Keluhkan Minimnya Fasilitas Pasar

Minim fasilitas kondisi pasar ikan Pabean menjadi sorotan Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya, Anugrah Ariyadi, SH (JB01)

JURNALBERITA.ID – SURABAYA, Minimnya fasilitas yang ada di pasar ikan Pabean membuat para pedagang mengeluh. Pasar Pabean merupakan pasar basah yang diperuntukkan untuk transaksi perdagangan ikan segar.

Namun  tidak menyurutkan semangat para pedagang untuk terus berjualan. Tidak hanya pedagang mengeluhkan minimnya fasilitas yang ada di pasar itu. Wakil ketua Komisi B DPRD kota Surabaya, Anugrah Ariyadi juga menyoroti keluhan pedagang ikan di pasar Pabean.

Menurutnya, pasar Pabean perlu sentuhan revitalisasi supaya kenyamanan transaksi perdagangan juga nyaman. “Fasilitas harus kita tingkatkan. Kasihan mereka para pedagang. Selama ini kan sudah ditarik retribusi. Baik retribusi harian maupun retribusi bulanan,” ungkap Anugrah, Jumat (22/2) ditemui di gedung DPRD kota Surabaya.

Kondisi malam hari di Pasar Ikan Pabean yang minim fasilitas dari PD Pasar Surya kota Surabaya (JB01)

Oleh karenanya kata Anugrah, PD Pasar perlu memberikan fasilitas tempat yang memadai dan layak untuk berjualan. “Kasihan pada pedagang, sementara tarikan retribusi jalan terus. Sedang kan fasilitasnya gak diperhatikan,” papar politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

Lebih lanjut Anugrah menguraikan, kalau fasilitas yang diberikan PD Pasar Surya itu baik. Harapannya volume transaksi yang terjadi di pasar itu juga akan meningkat.

“Ini kan juga akan menambah pundi-pundi pendapatan bagi PD Pasar Surya yang notabene sebagai BUMD punya Pemkot Surabaya,” urai dia.

Apalagi saat ini, Pemkot tengah menertibkan pasar tersebut. Bahwasanya tidak boleh ada pasar yang tumpah sampai dijalan. Yang mana disekitar wilayah itu akan dihidupkan destinasi kota tua. Termasuk kawasan pasar Pabean.

“Sekarang para pedagang tidak boleh lagi berdagang hingga jalan atau pasar tumpah,” terangnya.

Untuk itu, fasilitas di dalam pasar perlu dibenahi. Supaya para pedagang tidak lagi berjualan sampai di jalan-jalan. Karena didalam pasar fasilitasnya sudah terpenuhi, papar Anugrah.

“Biar tidak terjadi pasar tumpah, maka failitas didalam pasar perlu ditingkatkan. Ini salah satu cara untuk menghindari terjadinya transaksi perdagangan hingga ke jalan-jalan,” pungkas Wakil ketua DPC PDI Perjuangan kota Surabaya ini. (JB01) 

Share this post

No comments

Add yours