Buchori Imron : Bangunan Masjid Assakinah Perlu Direvisi

Wakil ketua Komisi C DPRD Surabaya, H.Buchori Imron (dok)

JURNALBERITA.ID – SURABAYA, Masjid Asskinah yang yang berada satu komplek dengan gedung DPRD kota Surabaya tadi pagi pukul 09.00 wib diresmikan penggunaannya, Senin (4/2).

Masjid dengan luas 15 x 24 meter sempat mendapat protes dari berbagai pihak, kini  masjid ini sudah dapat difungsikan untuk umum.

Namun desain masjid Assakinah sempat mendapat masukkan dari Wakil Ketua Komisi C, Buchori Imron. Pasalnya ruang jama’ah didalam dan ruang jama’ah disisi luar dibatasi dengan tembok tertutup. Sehingga jama’ah yang melakukan sholat diluar tidak dapat melihat gerakan dari imam.

“Ya over all sudah bagus, tapi sayang antara ruang jama’ah didalam dengan ruang jama’ah diluar ada pembatas tembok tertutup. Ini akan menghalangi pandangan jama’ah menirukan gerakan imam yang berada disisi luar,” terangnya.

Seharusnya kata Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kota Surabaya, pembatas ruang utama dengan ruang sisi luar dibuat transparan (dari kaca, red) bukan tembok tertutup. Sehingga tidak menghalangi padangan jama’ah yang ada disisi luar untuk menirukan gerakan imam.

“Ini yang perlu direvisi, atau dengan memberikan pintu exit dikedua sisinya, yaitu sisi kanan dan kiri. Sehingga jama’ah yang ada disisi luar dapat menirukan gerakan Imam. Jangan sampai Imam lagi rukuk jamaah diluar sujud,” paparnya.

Selain itu sebelum difungsikan, pengurus masjid (Ta’mir, red) harus dapat memakmurkan masjid.”Pemfungsian masjid Assakinah harus disupport baik dari Dewan maupun dari Pemkot Surabaya,” ujar dia.

Bochori juga menambahkan, disisi lain masih ada sisi ruang terbuka. Kalau bisa sisi ruang yang terbukan itu dibuatkan taman-taman hidup, sehingga dapat menyegarkan pandangan para jama’ah yang mau melakukan sholat. Tidak hanya itu kata Buchori, dengan adanya taman hidup akan para jama’ah dapat mengingat sang kholiq (pencipta, red).

“Ruang taman hidup juga akan menambah ke khusukan jamaah untuk mengingat sang pencipta,” urai dia.

Masjid Assakinah yang difungsikan terbuka untuk umum. Oleh karenanya, Buchori berharap agar masjid Assakinahdaoat difungsikan semaksimal mungkin oleh jama’ah untuk mengerjakan sholat. Dan ta’mir masjid mampu memakmurkan masjid, tukas politisi PPP ini. (JB01)

 

Share this post

No comments

Add yours