Sistem Error Layanan UPTSA Pusat Jadi Lumpuh

JURNALBERITA.ID -SURABAYA, Akibat sistem mengalami gangguan layanan publik, Sabtu siang sekitar 10.25 wib di UPTSA pusat yang berada di gedung Siola jalan Genteng Kali Surabaya harus terhenti. Hal ini sangat disayangkan anggota legislatif Komisi D DPRD surabaya, Sudirjo asal fraksi PAN dan Ibnu Sobir dari fraksi PKS yang waktu itu juga berada di UPTSA. Sejumlah warga surabaya yang mau melakukan pengurusan baik perijinan maupun kependudukan harus kembali dan kecewa atas kejadian tersebut.

Menurut Sudirjo, gangguan sistem harusnya tidak perlu terjadi, karena ini menyangkut layanan publik Surabaya. Ini malah menunjukkan ketidak siapan Surabaya memberlakukan sistem Online Sistem Susmibte (OSS) yang dicanangkan pemerintah kota Surabaya.

“Pemkot harus menyedikan backup sistem. hal ini untuk jaga-jaga jika terjadi sistem error. Kalau tidak ada backup sistem seperti ini akan membuat warga yang mau melakukan pengurusan perijinan ataupun kependudukan akan kecewa,” terangnya.

lanjut Sudirjo, seperti halnya backup listrik padam dengan menyediakan genzet. “Jika lampu padam maka backupnya kan ada Genzet yang bisa mengatasi permasalahan itu. Hal yang sama juga perlu ditingkatkan dengan backup sistem yang dimiliki pihak Pemkot melalui Dinas kominfo Surabaya,” urai politisi PAN ini.

Pri berkopya ini juga mengatakan, artinya jika ada sistem yang error secara otomatis bisa tetap dijalankan fungsi pelayanannya. ‘Ya, karena sudah ada backup sistem yang satunya itu,” tukas dia.

Coba kalau kejadian ini tidak bisa teratasi, selain menimbulan rasa kecewa pada pengurus perijinan maupun kependudukan, juga dapat merugikan pihak warga, baik kerugian waktu maupun kerugian materian dan tenaga, imbuhnya.

Sementara petugas customer service (CS) sebagai front office di UPTSA pusat tidak mampu menjelaskan atas errornya sistem. “biasanya sistem error di kominfo. Ya kami gak bisa pastikan selesainya kapan. namun sekarang masih dalam perbaikan, mohon maaf ya pak,” ucap salah satu CS pada media ini. (JB01)

 

Share this post

No comments

Add yours