Kabupaten Pasuruan Gelar Kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup II 2018

Para pendekar pencak silat sedang bertarung memperbutkan Tropi Bupati Cup II 2018 (foto : sac)

JURNALBERITA.ID – PASURUAN, Pemerintah Kabupaten Pasuruan kembali menggelar ajang Pencak Silat Bupati Cup II tahun 2018.

Tournament yang dibuka langsung oleh Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf, dihadiri juga Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Sudiono Fauzan, asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Anang Saiful Wijaya, beserta Ketua IPSI dan tamu undangan lainnya.

Kejuaraan tersebut diselenggarakan di Dome Sentra Produk Unggulan, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan dengan disertai pemukulan gong, yang dilanjutkan penyerahan golok dari Bupati Pasuruan kepada Ketua Panitia Pelaksana.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Abdul Munif, disela-sela perlombaan berlangsung mengatakan, bahwa kejuaraan dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut, mulai tanggal 2 hingga 4 November 2018. Sebanyak 445 atlet dari lima perguruan akan memperebutkan hadiah menarik.

“Kalau jumlah perguruan pencak silat se-Kabupaten Pasuruan ada 19 perguruan. Tapi kalau yang ikut dalam kejuaraan ini hanya 15 padepokan. Kita sudah siapkan hadiah, mulai dari piagam, piala dan uang pembinaan,” tutur Munif, ketika ditemui awak media, Jumat (2/11).

Tujuan dilaksanakannya kejuaraan ini sambung Munif, tak lain untuk menjaring atlet-atlet yang potensial, agar dapat mengikuti dan berprestasi dalam event maupun kejuaraan yang lebih tinggi.

“Alhamdulillah, pencak silat menjadi salah satu cabor unggulan di Kabupaten Pasuruan. Bahkan ada yang sudah tembus PON (Pekan Olahraga Nasional) yakni, Rudi Susanto yang menyabet medali emas,” lanjut Munif.

Sementara itu, Irsyad mengaku bangga dengan beberapa prestasi pesilat Kabupaten Pasuruan yang namanya berkibar di kancah nasional maupun internasional. Salah satunya adalah Suryaningtyas yang berhasil meraih Juara II di Kejuaraan Dunia Pelajar tahun ini di Thailand. Sungguh prestasi yang sangat patut untuk dibanggakan.

Oleh karena itu, Irsyad meminta agar Kejuaraan-Kejuaraan harus terus digalakkan, untuk mengasah bakat dan kemampuan para atlet.

“Saya yakin selama ini mereka telah giat berlatih, kejuaraan sangat diperlukan sebagai tempat untuk mengevaluasi keberhasilan para atlet dalam berlatih selama ini,” kata Gus Irsyad sapaan akrabnya

Tak hanya giat berlatih, Irsyad juga mengajak kepada seluruh atlet pencak silat untuk menjadi garda terdepan dalam memberantas narkoba. Hal itu penting, mengingat bahaya narkoba paling banyak menyerang anak-anak muda alias remaja.

“Mari kita perangi narkoba dengan sekuat tenaga. Para pesilat harus menjadi garda terdepan untuk sama-sama menyatakan perang terhadap narkoba,” imbuh Irsyad. (sac/has)

Share this post

No comments

Add yours