Pembebasan Tol Suramadu Harus Mampu Tekan Angka Kriminalitas

Ketua Umum IKAMA, H. Muhammad Rawi (dok)

JURNALBERITA.ID – SURABAYA, Tokoh masyarakat Madura menaruh harapan besar terhadap pembebasan tarif tol jembatan Suramadu yang menghubungkan pulau Madura dengan kota Surabaya. Harapannya untuk meningkatkan perekonomian di pulau Garam itu. Akan tetapi, pembebasan tarif tol itu harus mampu juga menekan angka kriminalitas di Madura.

Ketua Ikatan Keluarga Madura (Ikama), M Rawi mengatakan, kemiskinan salah satu faktor tingginya angka kriminalitas di pulau Madura. Selain itu, faktor pendidikan juga merupakan faktor penunjang seseorang berbuat nekad tanpa pikir panjang.

“Masih banyaknya kehidupan warga di Madura berada dalam tekanan kehidupan dibawah garis kemiskinan. Tanpa memiliki pekerjaan tetap, membuat mereka nekad berbuat tindak pidana kejahatan,” terangnya, Selasa (30/10).

Selaku tokoh Madura, ia berharap, jika pembebasan tarif tol jembatan Suramadu mampu mendongkrak perekonomian di Madura. Sehingga banyak menyerap tenaga kerja dalam lapangan pekerjaan yang tersedia.

“Dengan begitu dapat menekan angka kriminalitas di Madura. Karena pengangguran berkurang,” urainya.

Dia melanjutkan, kurangnya ketersediaan lapangan pekerjaan akan memicu warga Madura bisa bertindak nekad. Seperti pencurian, perampikan dan juga tindak kejahatan lainnya.

“Tentu kami sangat prihatin dengan masalah kriminalitas di Madura,” ucapnya pada awak media.

Jika sudah tersedia lapangan pekerjaan, menurut dia, tentu saja ada oeningkatan ekonomi sehingga dapat menekan tingkat kriminalitas di Madura. Untuk itu, pihaknya ingin agar warga Madura siap menyongsong pembangunan di pulau Madura.

M Rawi juga akan mengajak sejumlah relasinya, khususnya yang ada di Jakarta untuk berinvestasi di Madura. Dia juga tak segan untuk membantu agar ada kemudahan berinvestasi. Ini karena nanti yang diuntungkan adalah masyarakat Madura sendiri.

“Pendapatan perkapita warga Madura itu paling rendah jika dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Jawa Timur,” tuturnya.

Kami berharap, ke depan dengan adanya jembatan Suramadu sebagai jembatan non tol, Madura bisa lebih maju. Ini sejarah baru bagi warga Madura bisa merasakan masuk tol tanpa bayar, pungkas dia. (has)

Share this post

No comments

Add yours