Disinyalir Proyek Pelebaran Jalan Suropati Berpotensi Korupsi

Kepala Kejari Kota Batu, Nur Chusniah (foto : mad)

JURNALBERITA.ID – KOTA BATU, Pekerjaan Proyek Pelebaran jalan Suropati di Kota Batu yang diawasi oleh Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D). Disinyalir pengerjaan proyek itu berpotensi korupsi. Pasalnya, pengawasan tersebut hanya sebatas administrasi belaka, bukan sampai pada bidang teknik.

TP4D hanya sebatas mengawal proses pekerjaan mulai dari proses lelang hingga selesai pekerjaan. Sehingga, pengawasan TP4D sebatas pandangan atau yuridis formal saja, ungkap Nur Chusniah, Kepala Kejari Kota Batu ketika dikonfirmasi di Kantor Kejaksaan Kota Batu, Senin (29/10).

Menurut dia, jika diindikasi adanya dugaan pengurangan volume pada pekerjaan yang diawasi oleh TP4D itu bukan ranahnya, sebab pengawasan TP4D pada proyek, hanya sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

“Salah satu contoh, apabila ada perubahan pada RAB bisa sharing dengan TP4D agar nantinya tidak bersinggungan dengan hukum, atau terjadi adanya kongkalikong lelang itu termasuk dalam pengawasan TP4D,” paparnya.

Nur Chusniah menambahkan, jika terjadi adanya pengurangan volume TP4D tidak tahu menahu, itu wilayahnya BPK.

Masih menurut mantan penyidik KPK ini, setiap proyek yang diawasi TP4D tidak menutup kemungkinan masih bisa terjadi adanya dugaan korupsi, sebab masih ada celah lainnya untuk melakukan unsur tindakan pidana korupsi.

“Namanya juga orang, entah itu mengurangi volume pekerjaan atau apa, suap menyuap, yang jelas TP4D hanya mengawasi sebatas administrasi, yuridis formal saja,” urainya.

Jika terjadi pengurangan volume lanjut Nur Chusniah, silahkan dilaporkan saja, maka kita akan menindak lanjutinya, imbuhnya. (mad/sac/has).

Share this post

No comments

Add yours