Desa Klampok Singosari Malang Gelar Sedekah Bumi Suroan

Para Perangkat desa saat gelar sedekah bumi Suroan (foto : mad)

JURNALBERITA.ID – MALANG, Peringati grebek Suro warga Klampok Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang menggelar  tradisi sedekah bumi (selamatan desa). semarak kirab budaya dan santunan anak yatim atas rejeki dan nikmat yang selama ini diperolehnya.

Kegiatan kali ini diawali dengan takziah oleh toko masyarakat dan perangkat desa setempat ke makam Punden Mbah Prodo yang disebut-sebut selaku babat alas Desa Klampok, kecamatan Singosari Malang.

Acara tersebut rutin di adakan setiap tahunya, Minggu (07/10) yang di ikuti oleh 8 RW dan setiap RT nya turut ikut berpartisipasi dengan berbagai macam tema dan adat tradisional.

Tampak suasana panas membara begitu semarak dipadati oleh warga untuk berlomba menyaksikan pertunjukan para peserta serta berebut ancak.

Sedekah bumi ini turut dihadiri oleh Kepala Desa Klampok Tohari, tokoh masyarakat, Muspika dan Babinsa kecamatan Singosari Kabupaten Malang serta pemuda Karang Taruna Desa setempat.

Dipaparkan Tohari seoaku kepala desa Klampok, kebanggaan dan rasa terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang hadir pada siang hari ini.

“Tradisi sepertinharus kita pertahankan setiap tahun sebagai warisan budaya tradisi bagi anak cucu kita,” tegasnya.

Acara grebek ini lanjut dia,  agenda tahunan yang diselenggarakan dengan tujuan agar masyarakat sekitar dijauhi oleh wabah penyakit, keselamatan, ayem dan tentrem.

“Harapannya, kedepan desa kita semakin maju dan jangan sampai tradisi seperti ini berhenti sampai disini saja tapi harus berkelanjutan,” ujar Tohari.

Sementara itu, Wakil Panitia, Etik Rahmawati juga mengatakan rasa terima kasih dan bersyukur terkait terselenggaranya pada siang ini.

“Kegiatan ini suatu bentuk rasa syukur dan kami sangat berterima kasih kepada masyarakat satu desa yang telah mendukung penuh, karna tanpa dukungan kalian, acara ini tidak akan berjalan,” ujar dia.

Ia berharap kedepan dapat lebih meriah dan lebih baik lagi dari tahun ini, harapnya.

Selain di selenggarakannya acara grebek, juga diisi dan di akhiri oleh kesenian budaya yakni jaranan yang akan di gelar pada malam nanti di Desa Klampok, kecamatan Singosari, kabupaten Malang. (mad/has)

Share this post

No comments

Add yours